Dalam ranah bisnis online, kemampuan untuk merespons dengan cepat menjadi salah satu hal yang amat penting bagi para pelanggan. Namun, terkadang ada situasi yang mana respons instan tidak dapat segera anda balas. Inilah saatnya pesan otomatis mengambil peran.
Pesan otomatis memiliki peran kunci, terutama dalam platform seperti WhatsApp bisnis, yang sangat berarti bagi para pengusaha. Berikut adalah contoh-contoh pesan otomatis yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan di bisnis Anda.
Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis
Mari kita lihat beberapa contoh pesan otomatis WhatsApp Bisnis yang bisa menjalin interaksi yang lebih baik.
1. Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis untuk Menyapa Customer
- Halo, Dear. Selamat datang di Toko Beauty Center! Beri tau ke admin yuk kondisi kulitmu sekarang. Admin akan memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan kebutuhanmu.
- Hai kak, selamat datang di HealthCare. Sedang cari produk apa?
- Hai! Selamat datang di toko kami. Tunggu admin menjawab pesan kamu ya. Admin akan menjawab pesan satu persatu mulai dari bawah.
- Halo, Bunda/Ayah… Sedang cari mainan apa nih untuk si kecil? Beri tahu admin ya untuk dicarikan. Karena Toko KidsToys memiliki semua mainan yang si kecil inginkan.
- Selamat datang di toko kami! Silakan ketik Menu untuk mengetahui produk yang sedang tersedia. Ketik Diskon untuk mengetahui promo yang bisa kamu pakai.
- Welcome! Sedang cari apa? Silakan lihat produk di katalog dulu ya, sembari menunggu Admin datang.
2. Contoh Pesan Otomatis WhatsApp Bisnis di Luar Jam Kerja
- Hei, selamat datang! Saat ini toko kami sedang offline. Kami akan kembali aktif besok pagi pukul 08.00 WIB. Lihat produk di katalog dulu yuk untuk cari tahu produk incaranmu available atau tidak.
- Hai hai hai~ Toko sedang tutup nih. Tapi tenang saja, kami akan buka lagi besok pagi. Ingin tahu pricelist? Lihat di katalog ya.
- Welcome di Toko Serba Ada Punya Dania! Ini adalah balasan otomatis karena admin sedang istirahat. Besok pagi pesan kamu akan dibalas ya.
- Selamat datang, Customer keren! Karena sekarang kami sedang offline, pesan kamu akan tersimpan dulu ya dan dibalas admin besok.
- Selamat datang di toko kami. Saat ini kami sudah tutup. Kami akan merespon besok di jam 08.00–17.00 ya.
3. Contoh Pesan WhatsApp Bisnis Ucapan Terima Kasih
- Pesanan Kakak sudah kami terima. Terima kasih telah percaya kepada toko kami. Untuk informasi pengiriman akan kami informasikan lebih lanjut 2 hari kemudian.
- Halo kak, pembayaran kamu sudah masuk. Pengiriman kakak akan kami proses maksimal 1 jam setelah pembayaran. Tunggu kedatangan produk kami di rumah ya! Terima kasih atas kepercayaannya ^^
- Tidak ada yang lebih menggembirakan dibanding mendapatkan kepercayaan dari Anda. Terima kasih telah memilih jasa kami. Ditunggu pesanan berikutnya!
- Biji selasih kena tinta, terima kasih customer tercinta. Saat ini pesanan kamu sedang diproses dan akan diantar oleh agen. Mohon ditunggu ya!
Keuntungan Menggunakan Pesan Otomatis Whatsapp Bisnis
Pemanfaatan pesan otomatis di WhatsApp Bisnis menghadirkan sejumlah keunggulan menarik, di antaranya:
1. Respon Cepat kepada Pelanggan
Tak peduli situasi Anda sedang padat atau tidak, pesan otomatis mampu memberikan respons instan kepada para pelanggan. Dengan demikian, tak ada lagi waktu yang terbuang karena pelanggan tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan jawaban dari bisnis Anda.
Bahkan saat bisnis sedang libur, fitur pesan otomatis akan memberitahu pelanggan dengan cepat, menjelaskan situasi, dan memberikan pemahaman yang jelas.
2. Efisiensi Waktu
Dengan kehadiran fitur pesan otomatis di WhatsApp Business, tim administrasi tak perlu lagi merespon berulang kali atas pertanyaan yang serupa. Waktu yang tadinya terpakai untuk mengetik pesan, dapat anda alihkan untuk merespon pesan dari pelanggan lainnya. Hasilnya, produktivitas tim admin meningkat efektif dan efisien.
3. Pesan Lebih Profesional
Dalam merangkai pesan otomatis, Anda bisa memilih gaya bahasa yang sesuai dengan identitas bisnis yang ingin anda bangun. Penyuntingan juga memungkinkan, jadi jika anda menemukan kesalahan dalam penulisan, pesan bisa segera anda perbaiki. Dengan demikian, pesan yang anda sampaikan kepada pelanggan akan terkesan profesional dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan masing-masing.
4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Respon cepat, isi pesan yang terprofesional, dan penyesuaian pesan sesuai karakter pelanggan membuat kepuasan pelanggan semakin meningkat terhadap layanan yang anda berikan. Kepuasan pelanggan yang terjaga berpotensi mendorong mereka untuk melakukan pembelian ulang dan menggunakan jasa bisnis Anda kembali.
5. Mempertahankan Pelanggan
Seringkali, bila toko online lambat untuk merespon, pelanggan anda biasanya akan cenderung mencari alternatif lain yang menawarkan produk serupa. Melalui respons cepat dari bisnis Anda, peluang pelanggan beralih ke pesaing bisa anda tekan. Hasilnya, peningkatan penjualan bagi toko online anda akan lebih mudah anda capai.
Itulah beberapa contoh pesan otomatis yang dapat Anda gunakan sebagai template di WhatsApp Bisnis untuk toko online Anda. Selamat mencoba dan jangan ragu untuk berkreasi!
Baca juga: WhatsApp OTP: Pengertian, Kegunaan, dan Cara Memulainya