Apa itu Chatbot? Berikut Kelebihan dan Manfaatnya!

Whatsapp Business API memiliki salah satu layanan yang disebut dengan Chatbot. Apa itu Chatbot? Chatbot adalah sebuah teknologi yang dapat merespon dan memproses sebuah pesan seperti teks, gambar, maupun video. Chatbot sendiri merupakan kependekan dari chatterbot yang berasal dari kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence). Sehingga dapat disimpulkan Chatbot adalah layanan percakapan virtual dengan seorang robot. Namun, robot tersebut dapat membalas pesan dengan cepat dan relevan berdasarkan pertanyaan yang diberikan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan kecanggihan Chatbot akan sangat membantu jalannya sebuah bisnis. Namun, ada beberapa manfaat dan kelebihan lainnya mengapa sebuah bisnis harus menggunakan Chatbot. Apa saja itu? Kamu akan mendapatkan penjelasan lengkapnya pada artikel ini. 

Manfaat Layanan Chatbot untuk Sebuah Bisnis

Perkembangan teknologi saat ini membuat banyak pekerjaan menjadi lebih mudah. Salah satunya, layanan Chatbot yang memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Chatbot adalah sebuah layanan yang dapat digunakan oleh semua platform termasuk melalui Whatsapp Business API

Tugas utama Chatbot adalah membalas dan merespon sebuah pesan dengan cepat. Bayangkan jika pelanggan membutuhkan informasi dengan cepat namun, kamu tidak dapat memberikannya. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi, oleh sebab itu Chatbot hadir untuk memberikan solusi. 

Semakin besar sebuah bisnis tentunya semakin banyak pelanggan yang harus dilayani. Jika kamu merasa sudah cukup kewalahan membalas pesan satu per satu artinya kamu memang butuhkan layanan Chatbot. Selain memberikan pelayanan yang maksimal, Chatbot juga memiliki banyak kelebihan untuk bisnis kamu. 

Kelebihan Menggunakan Chatbot

  1. Membalas Pesan Selama 24 Jam

Salah satu kelebihan Chatbot yang utama adalah dapat membalas pesan selama 24 jam. Jika pelanggan membutuhkan informasi penting di tengah malam, namun kamu tidak dapat membalasnya tentu akan memberikan kesan yang buruk. Namun, dengan Chatbot kamu tidak perlu khawatir. Kapanpun dan dimanapun pelanggan membutuhkan informasi kamu dapat memberikannya. 

  1. Meningkatkan Brand Engagement

Dengan kelebihan yang dimiliki Chatbot, kamu juga dapat meningkatkan brand engagement. Brand engagement adalah sebuah tanda dimana adanya komitmen emosional antara pelanggan dengan brand. Melalui brand engagement yang baik pelanggan akan menjadi puas dan berpeluang untuk loyal kepada brand yang kamu miliki. 

Tentunya Chatbot dapat membantu meningkatkan brand engagement bisnis kamu. Mengapa demikian? Chatbot memberikan jaminan untuk pelayanan yang maksimal, sehingga pelanggan akan merasa puas dan akan berpengaruh terhadap meningkatnya brand engagement

  1. Menghemat Waktu

Jika kamu menerima banyak pesan maka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membalasnya. Sedangkan Chatbot dapat membalas sebuah pesan hanya dalam hitungan detik. Maka dari itu, pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk pesannya terbalaskan. Sangat memudahkan bukan?

  1. Menghemat Biaya

Selain menghemat waktu, Chatbot juga dapat menghemat biaya. Karena, dengan menggunakan Chatbot kamu tidak lagi membutuhkan tenaga Customer Service untuk membalas pesan. Semakin banyak pesan yang masuk tentunya kamu membutuhkan lebih dari 1 orang untuk membalasnya. Namun, dengan Chatbot kamu dapat menghemat biaya. Sehingga biaya tersebut dapat kamu alihkan ke biaya operasional atau kebutuhan lainnya untuk mengembangkan bisnismu. 

  1. Memberikan Customer Experience yang Baik

Melalui pelayanannya Chatbot dapat memberikan customer experience yang baik. Pelanggan tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk menunggu pesannya dibalas, selain itu pesannya juga dapat dibalas selama 24 jam. Pelayanan inilah yang akan memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan pelanggan akan loyal terhadap bisnismu. 

  1. Meningkatkan Penjualan

Pelayanan yang maksimal, kepuasan pelanggan akan sangat berpengaruh terhadap angka penjualan. Selain itu, Chatbot dapat dimanfaatkan bukan hanya sekedar membalas pesan saja. Kamu dapat memanfaatkan Chatbot untuk mengirimkan katalog dan menawarkan produk kepada pelanggan. Hal ini juga membuka peluang untuk meningkatkan penjualan. 

  1. Membantu Melakukan Riset Pasar

Menerima banyak pesan dan pertanyaan dari pelanggan membuat layanan Chatbot dapat dijadikan tempat untuk melakukan riset pasar. Seperti apa produk yang paling sering ditanyakan, apa informasi yang kurang jelas sehingga kerap ditanyakan oleh pelanggan, hingga kritik dan saran yang diberikan. Dengan begitu, kamu dapat melakukan upgrade dan perbaikan terhadap bisnismu. 
Bagaimana kamu tertarik menggunakan Chatbot? Kamu dapat menikmati layanan Chatbot tersebut di Damcorp.id. Damcorp.id siap mewujudukan tujuan bisnismu melalui Whatsapp Business API dan layanan Chatbot. Sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan pelayanan bisnismu jika menggunakan Chatbot.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: