Brand Engagement: Pengertian Manfaat dan Cara Meningkatkannya!

Ketika membangun sebuah bisnis, kita tidak dapat hanya berfokus pada produk dan strategi promosi. Namun, harus ditekankan bahwa ukuran kesuksesan bisnis adalah kepuasaan pelanggan dan berpotensi menjadi pelanggan yang loyal. Dengan demikian, pendapatan bisnis juga dapat ikut meningkat.

Pernahkah kamu mendengar kalimat bahwa pelanggan adalah raja. Kalimat tersebut benar – benar harus kamu terapkan dalam bisnismu. Karena kesuksesan sebuah bisnis sangat tergantung dengan pelanggan. Oleh sebab itu, kamu harus dapat menjalin hubungan yang baik dan erat dengan pelanggan. Istilah tersebut disebut dengan brand engagement. Lalu, apa pengertian brand engagement, manfaatnya, dan cara meningkatkannya? Kamu akan menemukan jawabannya pada artikel ini. 

Pengertian Brand Engagement

Menurut national business research institute, brand engagement adalah sebuah tanda atas adanya komitmen emosional pelanggan pada suatu brand. Sedangkan menurut Digiday, brand engagement menjadi bentuk komunikasi dan interaksi dua arah antara sebuah brand dengan konsumennya. Dapat disimpulkan bahwa brand engagement adalah satu tingkat di atas brand awareness.

Pada brand awareness, kamu akan membuat pelanggan menyadari keberadaan bisnis kamu dan berpotensi untuk mencari tahu informasi lebih lanjut seputar produk atau hal lainnya. Sedangkan pada brand engagement, pelanggan sudah membeli dan percaya atas produk dari bisnis kamu. Kunci utama menjalin brand engagement adalah bagaimana kamu dapat menjalin interaksi dengan pelanggan. Jika sudah terjalin ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari brand engagement

Manfaat Brand Engagement

  1. Menumbuhkan rasa percaya

Tentunya jika hubungan kamu dengan pelanggan sudah erat, maka pelanggan akan menaruh kepercayaannya. Jika sudah percaya, tidak menutup kemungkinan pelanggan akan kembali atau bahkan mempromosikan bisnis kamu kepada orang lain.

Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat, secara tidak langsung kamu akan mendapatkan promosi gratis melalui mulut ke mulut. Promosi dari mulut ke mulut dinilai lebih efektif karena tentunya setiap orang akan lebih percaya ketika mendapatkan testimoni dari orang terdekatnya secara langsung. 

  1. Meningkatkan penjualan

Selain pelanggan, kesuksesan bisnis juga dilihat dari seberapa besar angka penjualannya. Terbangunnya brand engagement berarti sudah terbangunnya interaksi antara pelanggan dengan bisnis. Jika brand engagement berjalan dengan baik secara tidak langsung angka penjualan juga akan turut bertambah. 

  1. Loyalitas yang tinggi

Manfaat penting lainnya dari brand engagement adalah pelanggan menjadi loyal atas bisnis kamu. Jika pelanggan sudah loyal mereka tidak akan ragu untuk berkali – kali membeli produk dan menjadi pelanggan yang setia. Jika kamu sudah memiliki pelanggan yang setia, maka mereka akan kembali dengan sendirinya untuk membeli produk dari bisnis kamu. 

Cara Meningkatkan Brand Engagement

Setelah membaca manfaat di atas, tentunya kamu menginginkan hal – hal tersebut terjadi dalam bisnis kamu. Namun, bagaimana cara meningkatkan brand engagement?

  1. Memberikan promosi secara berkala

Meskipun bisnis kamu sudah cukup dikenal dan memiliki pelanggan, kamu harus tetap melakukan promosi. Mengapa? Karena promosi dapat membuka kesempatan untuk kamu mendapatkan pelanggan baru. Masyarakat yang belum pernah mendengar bisnis kamu, dapat kamu jadikan target promosi.

Selain itu, promosi juga bermanfaat untuk mempertahankan pelanggan. Sehingga pelanggan terus ingat tentang bisnis kamu dan tidak beralih ke brand lain. Jangan lupa untuk membuat kegiatan promosi yang unik dan menarik, agar mudah diingat dan menarik perhatian masyarakat.

  1. Memberikan diskon

Kamu juga dapat memberikan diskon secara berkala kepada pelanggan. Perlu kamu ingat bahwa setiap orang menyukai diskon, jadi hal ini dapat kamu manfaatkan. Diskon dapat berdampak pada kesenangan pelanggan dan secara tidak langsung akan meningkatkan hubungan antara pelanggan dan bisnis.

Selain memberikan potongan harga, diskon juga dapat dijadikan sarana untuk promosi. Ada banyak bentuk diskon yang bisa kamu berikan seperti potongan harga untuk pembelian pertama atau spesial diskon untuk beberapa pelanggan yang loyal. 

  1. Menjalin komunikasi dua arah yang baik

Untuk menjalin hubungan tentunya kamu harus membangun komunikasi yang baik. Bagaimana caranya? Kamu harus berusaha hadir setiap pelanggan membutuhkan. Misalnya, ketika mereka bertanya tentang sebuah informasi atau memberikan kritik dan saran. Selain itu, kamu juga harus rutin mengirimkan informasi terbaru yang terkait dengan produk.
Tahukah kamu bahwa Whatsapp Business API bisa membantu kamu meningkatkan brand engagement melalui pelayanan yang cepat dan maksimal. Whatsapp Business API dapat membalas pesan pelanggan dengan cepat dan dalam hitungan detik. Tentunya hal ini akan membuat pelanggan senang dan puas. Lalu dimana tempat yang tepat menyediakan Whatsapp Business API? Damcorp.id siap membantu kamu. Dengan layanan Chatbot, Alerts, dan Notification kamu siap untuk meningkatkan brand engagement bisnismu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: