Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Perkembangan teknologi yang sangat pesat, membuat Whatsapp menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Whatsapp memudahkan kita untuk berkomunikasi melalui pesan teks, suara, hingga video. Semakin banyaknya pengguna membuat Whatsapp tidak hanya digunakan sebagai sarana berkomunikasi dengan orang terdekat saja. Saat ini Whatsapp dapat juga digunakan sebagai sarana berbisnis. Mengapa demikian?

Whatsapp memiliki 2 layanan yang bisa membantu kamu untuk berbisnis, yaitu Whatsapp Business dan Whatsapp Business API. Keduanya bisa kamu manfaatkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa Whatsapp Business dan Whatsapp Business API memiliki banyak perbedaan? Apa saja itu? Dan apakah perbedaan tersebut berpengaruh terhadap suatu bisnis? Damcorp.id akan memberikan penjelasannnya dalam artikel ini.

Whatsapp Business

Whatsapp Business hadir untuk membantu bisnis kecil. Sehingga pebisnis dalam leluasa berkomunikasi dengan pelanggannya. Kamu dengan mudah dapat mengunduh Whatsapp Business dan dapat langsung menggunakannya untuk bertukar pesan dengan pelanggan. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan 1 nomor yang dikelola oleh 2 admin. Hal ini sangat memudahkan untuk kamu berkomunikasi, dengan banyak pesan yang masuk tentunya tidak dapat 1 orang saja yang membalasnya. Namun, melalui Whatsapp Business memungkinkan ada 2 orang yang membalas pesan dari pelanggan kamu. 

Melalui Whatsapp Business kamu akan mendapatkan nomor baru, sehingga tidak perlu menggunakan nomor pribadi. Selain itu, pelanggan juga dapat melihat katalog, alamat kantor, hingga aktivitas bisnis lainnya. Tentunya hal ini akan membantu bisnis kamu terlihat lebih profesional. Whatsapp Business juga menyediakan fitur ‘Quick Reply’ yang dapat membalas pesan dengan template. Hal ini akan mempercepat proses berkomunikasi dengan pelanggan.

Whatsapp Business API

Jika Whatsapp Business dikhususkan untuk bisnis skala kecil, Whatsapp Business API diperuntukan untuk bisnis berskala besar. Melalui Whatsapp Business API kamu dapat berhubungan dengan pelanggan dari berbagai dunia. Jadi, melalui Whatsapp Business API kamu dapat menjangkau pelanggan secara lebih luas dibandingkan dengan Whatsapp Business. 

Whatsapp Business API juga memiliki layanan fitur lainnya yang dapat membantu jalannya bisnis kamu agar lebih efektif. Melalui Whatsapp broadcast, automation notification, dan pengiriman kode OTP kamu dapat sangat memberikan kemudahan terhadap pelanggan. Whatsapp Business API dapat menjamin kepuasan untuk pelanggan. Mengapa demikian? Whatsapp Business API dapat membalas pesan pelanggan dengan cepat dan dalam hitungan detik. Tentunya pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama. Hal ini akan menambah nilai plus bagi bisnis kamu di mata pelanggan.

Perbedaan Whatsapp Business dan Whatsapp Business API 

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya kamu sudah dapat melihat apa perbedaan antara Whatsapp Business dan Whatsapp Business API. Namun, ada beberapa perbedaan lainnya yang cukup membedakan keduanya.

Whatsapp Business 

  1. Tidak mendapatkan verified badged atau centang hijau.
  2. Dapat diakses melalui Android dan Ios.
  3. Hanya untuk 1 mobile dan 1 desktop.
  4. Tidak dapat melakukan Whatsapp broadcast.
  5. Dirancang untuk bisnis skala kecil.

Whatsapp Business API

  1. Bisa mendapatkan verified badged atau centang hijau.
  2. Hanya dapat diakses setelah mendapat integrasi dari Business Solution Provider resmi Whatsapp.
  3. Dapat diakses di unlimited desktop.
  4. Dapat melakukan Whatsapp broadcast, automatic notification, dan pengiriman kode OTP.
  5. Dapat diakses oleh unlimited user.
  6. Dirancang untuk bisnis skala besar.

Setelah membaca artikel ini, apakah kamu sudah paham perbedaan Whatsapp Business dan Whatsapp Business API? Semoga kamu dapat memahami dan menentukan manakah yang sesuai dengan bisnis yang kamu miliki. Untuk merasakan manfaat Whatsapp Business API terhadap bisnis kamu, Damcorp.id dapat membantu! Selain Whatsapp Business API, Damcrop.id juga menyediakan layanan chatbot, notification, dan alerts yang tentunya dapat membantu komunikasi antara sebuah bisnis dengan pelanggannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: