WhatsApp Business API adalah opsi utama bagi pengusaha untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan mereka. Harga layanan ini juga bervariasi. Jadi, berapa biaya terbaru untuk menggunakan WhatsApp Business API, dan apa saja persyaratan penggunaannya? Temukan informasinya dalam artikel berikut.
Ketentuan Biaya WhatsApp Business API Terbaru
Tidak seperti WhatsApp pribadi atau WhatsApp Business biasa, penggunaan WhatsApp Business API melibatkan biaya berlangganan sistem dari penyedia layanan WhatsApp Business yang Anda pilih, serta biaya penggunaan per percakapan.
Besarnya biaya ini tergantung pada pilihan vendor Anda dan seberapa sering Anda menggunakan WhatsApp API dalam komunikasi bisnis Anda. Meskipun biayanya bervariasi, layanan ini tentu sepadan dengan fitur yang tersedia. Jenis biaya yang perlu anda perhitungkan adalah sebagai berikut:
1. Biaya Berlangganan Sistem dari BSP WhatsApp
Hal pertama kali yang perlu anda lakukan agar bisa menggunakan WhatsApp API adalah bermitra dengan BSP WhatsApp, seperti Damcorp. Oleh sebab itu, anda perlu mempersiapkan biaya berlangganan sistem dari BSP WhatsApp yang sudah anda pilih.
Perihal biaya berlangganan, Anda bisa memilih antara berlangganan per bulan atau per tahun. Misalnya, jika anda memilih menggunakan Damcorp sebagai BSP WhatsApp, Anda bisa memilih paket biaya berlangganan bulanan atau paket berlangganan tahunan.
Dan umumnya, jika Anda memilih paket tahunan akan lebih hemat bila anda memilih berlangganan secara bulanan. Baik biaya berlangganan bulanan atau tahunan, ini sudah mencakup layanan support, integrasi, training, konsultasi, dan perawatan sistem.
Lalu, berapa besaran biaya berlangganan yang perlu anda siapkan? Mengenai hal ini tergantung pada BSP WhatsApp yang Anda pilih dan paket layanan yang seperti apa yang anda perlukan. Maka dari itu, sebaiknya Anda jangan sampai tergiur dengan sistem yang menawarkan biaya murah.
Karena, ini belum tentu akan menjamin kualitas layanan support dan sistemnya. Sehingga, sebaiknya Anda melihat terlebih dulu bagaimana review dari pelanggan lain dan bagaimana layanan support vendor dalam mengatasi kendala dan memberikan solusi.
2. Biaya Penggunaan per Percakapan
Selain biaya berlangganan sistem BSP WhatsApp, biaya lain yang perlu Anda siapkan yaitu biaya penggunaan per percakapan. Berkenaan dengan biaya ini, akan sistem perhitungannya berdasarkan pada kategori pesan, jumlah pesan yang anda kirim dan terima.
Adapun biaya kategori template pesan terbaru berdasarkan ketentuan dari pihak Meta yaitu:
- Untuk Utility Conversation, dikenakan biaya Rp300.00 per nomor selama 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
- Pada Authentication Conversation, biaya yang dikenakan adalah Rp440.00 per nomor selama 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
- Dalam Marketing Conversation, tarifnya adalah Rp600.00 per nomor selama 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
- Sedangkan pada Service Conversation, biayanya sebesar Rp275.00 per nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
Biaya pesan ini bisa bervariasi tergantung pada negara dan seberapa banyak pesan yang sudah terpakai oleh perusahaan. Oleh karena itu, dengan memahami jenis dan aturan biaya penggunaan setiap percakapan, Anda dapat mengelola serta mengendalikan biaya yang terkait dengan penggunaan WhatsApp Business API di perusahaan Anda.
Manfaat Menggunakan WhatsApp Business API
Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan fitur WhatsApp Business API untuk bisnis Anda:
1. Peningkatan Kepercayaan Pelanggan
Pertama, WhatsApp Business API secara otomatis meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui penambahan Centang Hijau (Verified Badge) pada akun bisnis Anda. Praktis, ini dapat meningkatkan kemungkinan pelanggan membuka pesan Anda, yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan penjualan.
2. Layanan 24/7 yang Tersedia
Keuntungan lainnya adalah kemampuan bisnis untuk menyediakan layanan sepanjang waktu, bahkan di luar jam kerja, berkat fitur Chatbot. Chatbot WhatsApp ini dapat anda program untuk memberikan respons cepat dan tepat, memberikan informasi dasar, serta mengarahkan pelanggan ke halaman web atau produk yang relevan.
3. Integrasi yang Mudah dengan Sistem Lain
WhatsApp API dapat dengan mudah anda integrasikan ke dalam sistem seperti CRM, memungkinkan bisnis untuk mengelola komunikasi dan data pelanggan secara terpusat dan efisien. Ini termasuk menyimpan riwayat percakapan, memahami kebutuhan pelanggan, dan memungkinkan analisis data yang lebih baik, serta meningkatkan koordinasi antar departemen.
4. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
WhatsApp API juga memungkinkan bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan respons yang cepat, akurat, personal, dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini dapat membantu memperkuat hubungan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda.
5. Penghematan Biaya
Keuntungan terakhir adalah penghematan biaya, karena WhatsApp API memungkinkan Anda untuk mengurangi jumlah agen layanan pelanggan yang anda butuhkan. Anda hanya perlu 1-2 staf untuk mengelola pekerjaan sebagai agen layanan pelanggan, menghemat biaya yang signifikan.
Dapatkan WhatsApp Business API dengan Harga Terbaik
Harga WhatsApp Business API ditetapkan berdasarkan 4 kategori yang disesuaikan dengan negara, tergantung apakah Anda seorang pelaku bisnis atau pelanggan yang memulai percakapan. Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik untuk harga WhatsApp Business di Damcorp.
Selain itu, Damcorp telah dipercaya oleh ratusan perusahaan dan memiliki sertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data informasi pelanggan. Jangan ragu untuk menghubungi tim kami jika Anda memerlukan bantuan atau ingin berkonsultasi tentang penggunaan WhatsApp Business API atau pertanyaan lainnya.