Cara Mudah Membuat WhatsApp Chatbot Menggunakan Damcorp

Cara Mudah Membuat WhatsApp Chatbot Menggunakan Damcorp

Banyak bisnis kini mengandalkan penggunaan chatbot WhatsApp. Fenomena ini terjadi lantaran Chatbot WhatsApp membawa banyak kelebihan dan manfaat yang menguntungkan bagi penggunanya. Apakah Anda juga tertarik memiliki chatbot untuk bisnis Anda? Berikut cara mudahnya.

Mengapa Bisnis Memerlukan WhatsApp Chatbot?

Chatbot WhatsApp memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis, terutama dalam meningkatkan layanan pelanggan yang lebih baik. Kemampuan chatbot untuk merespon pelanggan dengan cepat, kapan pun dibutuhkan, membuatnya menjadi faktor yang tak terpisahkan. Selain itu, ada beberapa alasan mengapa bisnis membutuhkan WA Chatbot, yaitu:

1. Mempermudah Pelanggan dalam Berbelanja

Dengan adanya chatbot, pelanggan dapat dengan mudah melihat katalog produk atau jasa tanpa harus beralih ke aplikasi lain. Yang lebih penting, mereka bisa langsung melakukan pemesanan dan mendapatkan pembaruan mengenai status pengiriman dan informasi penting lainnya secara langsung melalui WhatsApp. Inovasi ini telah diadopsi oleh UMKM di Indonesia melalui direktori ‘Pasar JuWAra’.

2. Pengiriman Penawaran melalui Broadcast dan Blast WhatsApp

Chatbot dapat mengirimkan pesan secara massal kepada banyak pelanggan melalui WhatsApp Blast. Anda dapat mengisi pesan tersebut dengan penawaran promosi seperti diskon, kupon belanja, informasi produk/jasa terbaru, dan lain sebagainya. Pelajari lebih lanjut cara melakukannya di artikel “Cara Mengirim Pesan Blast WA”.

3. Keamanan yang Terjamin

WhatsApp memiliki sistem enkripsi end-to-end yang membatasi akses hanya kepada pengguna dan pelanggan yang terlibat dalam interaksi. Hal ini memastikan keamanan pesan yang masuk dan keluar.

4. Otomatisasi Feedback

Chatbot mampu mengirimkan jawaban secara otomatis berdasarkan pertanyaan atau permintaan yang sering diajukan oleh pelanggan. Hal ini membuat pelanggan tidak perlu membaca FAQ dengan susah payah, sehingga mendorong mereka untuk berinteraksi lebih lanjut dengan bisnis Anda.

5. Personalisasi Chatbot WhatsApp

Sistem dalam Chatbot WhatsApp Business dapat merekam data mengenai minat pelanggan, yang kemudian diolah menjadi wawasan yang berguna untuk menyusun strategi dalam mempromosikan produk/jasa sesuai dengan minat pelanggan tersebut.

Cara Membuat Chatbot WhatsApp

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat chatbot di WhatsApp:

1. Daftar di WhatsApp Business API

Untuk menggunakan chatbot di WhatsApp, Anda harus terdaftar di API WhatsApp. Anda dapat mendaftar melalui Business Solution Provider (BSP) atau mitra resmi WhatsApp.

WhatsApp merekomendasikan bekerja sama dengan BSP terbaik seperti Mekari Qontak. Mereka adalah perwakilan resmi yang memiliki izin untuk mengajukan akses ke API WhatsApp.

2. Verifikasi akun Facebook Business Manager

Sebelum beralih ke WhatsApp Business API, Anda perlu memverifikasi akun Facebook Business Manager. Facebook akan memverifikasi data bisnis Anda. Anda perlu menyiapkan data berikut:

  • Nama perusahaan
  • URL situs web
  • Domain email
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis
  • Proses verifikasi Facebook Business Manager dapat membingungkan. Anda dapat meminta bantuan BSP untuk membantu dalam verifikasi.

3. Aktifkan Nomor WhatsApp dan Lengkapi Profil

Setelah diverifikasi, siapkan satu nomor telepon sebagai nomor bisnis yang akan digunakan secara permanen. Setelah itu, akan muncul centang hijau di sebelah nama bisnis yang menunjukkan bahwa API WhatsApp Business Anda aktif. Lengkapi profil WhatsApp Anda dengan informasi bisnis yang detail untuk membantu pelanggan mengenal bisnis Anda. Ini juga akan menjadi branding bagi bisnis Anda. Tambahkan informasi lain seperti jam operasional dan katalog produk.

4. Login ke Chat Panel Damcorp

Untuk menggunakan Chatbot, login ke akun pada panel Damcorp. Gunakan kredensial dari Damcorp sebelumnya. Melalui panel chat ini yang juga dapat diakses melalui ponsel, Anda dapat melihat informasi konsumen melalui profil mereka.

5. Rencanakan Percakapan

Pastikan chatbot dapat menjawab semua pertanyaan yang pelanggan ajukan. Anda harus memikirkan cara chatbot berkomunikasi dengan pelanggan, termasuk menghadapi pertanyaan yang tidak dapat terjawab. Jangan khawatir, karena tim Damcorp siap membantu Anda dalam membuat alur percakapan untuk chatbot.

6. Kirim Alur Percakapan

Anda dapat mulai menyusun alur percakapan antara WA Chatbot dan pelanggan seperti yang anda rencanakan. Anda dapat berkonsultasi dengan Damcorp untuk membantu menyusun alur agar Chatbot WhatsApp Business berfungsi optimal. Tim Damcorp akan membuat alur percakapan yang telah terfinalisasi. Sementara itu, Anda dapat melanjutkan pekerjaan lain. Setelah selesai, Damcorp akan memberitahu bahwa WA Chatbot siap untuk anda gunakan. Pastikan Anda melakukan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan chatbot berfungsi dengan baik. Perbaiki kesalahan yang mungkin terjadi dan lakukan uji coba lagi. Hal ini akan membantu Anda memiliki chatbot WhatsApp berkualitas yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan.

WhatsApp Chatbot dapat membantu bisnis memfasilitasi interaksi yang lebih baik dengan pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Hal ini dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Namun, sebelum menggunakan fitur Chatbot, Anda perlu memiliki WhatsApp Business API terlebih dahulu. Salah satu mitra bisnis resmi terbaik di Indonesia adalah Damcorp.

Dengan mendaftar di Damcorp, Anda tidak hanya mendapatkan fitur Chatbot WhatsApp, tetapi juga fitur lain dari WhatsApp Business API seperti Centang Hijau WA, WA Blast, WhatsApp Multi User, WhatsApp Multi Device, dan banyak lagi.

Baca juga Damcorp Mendapatkan Sertifikasi ISO

Tinggalkan Balasan

Blog at WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: