Whatsapp Business API memiliki salah satu layanan yang disebut dengan Chatbot. Layanan adalah sebuah teknologi yang dapat merespon dan memproses sebuah pesan seperti teks, gambar, maupun video.
Chatbot sendiri merupakan kependekan dari chatterbot yang berasal dari kecerdasan buatan atau AI (artificial intelligence). Sehingga dapat disimpulkan chatterbot adalah layanan percakapan virtual dengan seorang robot. Namun, robot tersebut dapat membalas pesan dengan cepat dan relevan berdasarkan pertanyaan yang diberikan.
Fitur ini akan sangat membantu jalannya sebuah bisnis. Namun, ada beberapa manfaat dan kelebihan lainnya mengapa sebuah bisnis harus menggunakannya. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini.

Manfaat Layanan Chatbot untuk Sebuah Bisnis
Perkembangan teknologi saat ini membuat banyak pekerjaan menjadi lebih mudah. Salah satunya, layanan Chatbot yang memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Layanan ini dapat digunakan oleh semua platform termasuk melalui Whatsapp Business API.
Tugas utama chatterbot adalah membalas dan merespon sebuah pesan dengan cepat. Bayangkan jika pelanggan membutuhkan informasi dengan cepat namun, kamu tidak dapat memberikannya. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi, oleh sebab itu Chatbot hadir untuk memberikan solusi.
Semakin besar sebuah bisnis tentunya semakin banyak pelanggan yang harus dilayani. Jika kamu merasa sudah cukup kewalahan membalas pesan satu per satu artinya kamu memang butuhkan layanan Chatbot. Selain memberikan pelayanan yang maksimal, chatterbot juga memiliki banyak kelebihan untuk bisnis kamu.
Kelebihan Menggunakan Chatbot
1. Membalas Pesan Selama 24 Jam
Salah satu kelebihan Chatbot yang utama adalah dapat membalas pesan selama 24 jam. Jika pelanggan membutuhkan informasi penting di tengah malam, namun kamu tidak dapat membalasnya tentu akan memberikan kesan yang buruk. Namun, dengan chatterbot kamu tidak perlu khawatir. Kapanpun dan dimanapun pelanggan membutuhkan informasi kamu dapat memberikannya.
2. Meningkatkan Brand Engagement
Dengan kelebihan yang dimiliki Chatbot, kamu juga dapat meningkatkan brand engagement. Brand engagement adalah sebuah tanda dimana adanya komitmen emosional antara pelanggan dengan brand. Melalui brand engagement yang baik pelanggan akan menjadi puas dan berpeluang untuk loyal kepada brand yang kamu miliki.
Tentunya chatterbot dapat membantu meningkatkan brand engagement bisnis kamu. Mengapa demikian? Chatbot memberikan jaminan untuk pelayanan yang maksimal, sehingga pelanggan akan merasa puas dan akan berpengaruh terhadap meningkatnya brand engagement.
3. Menghemat Waktu
Jika kamu menerima banyak pesan maka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membalasnya. Sedangkan Chatbot dapat membalas sebuah pesan hanya dalam hitungan detik. Maka dari itu, pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk pesannya terbalaskan. Sangat memudahkan bukan?
4. Menghemat Biaya
Selain menghemat waktu, chatterbot juga dapat menghemat biaya. Karena, dengan menggunakan chatterbot kamu tidak lagi membutuhkan tenaga Customer Service untuk membalas pesan. Semakin banyak pesan yang masuk tentunya kamu membutuhkan lebih dari 1 orang untuk membalasnya. Namun, dengan chatterbot kamu dapat menghemat biaya. Sehingga biaya tersebut dapat kamu alihkan ke biaya operasional atau kebutuhan lainnya untuk mengembangkan bisnismu.
5. Memberikan Customer Experience yang Baik
Melalui pelayanannya chatterbot dapat memberikan customer experience yang baik. Pelanggan tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk menunggu pesannya dibalas, selain itu pesannya juga dapat dibalas selama 24 jam. Pelayanan inilah yang akan memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan pelanggan akan loyal terhadap bisnismu.
6. Meningkatkan Penjualan
Pelayanan yang maksimal, kepuasan pelanggan akan sangat berpengaruh terhadap angka penjualan. Selain itu, Kamu dapat memanfaatkan Chatbot untuk mengirimkan katalog dan menawarkan produk kepada pelanggan. Hal ini juga membuka peluang untuk meningkatkan penjualan.
7. Membantu Melakukan Riset Pasar
Layanan Chatbot merupakan area yang bagus untuk melakukan riset pasar untuk mencari tahu jenis barang apa yang paling banyak menimbulkan pertanyaan, di mana klien bingung, dan bagaimana meningkatkan penawaran Anda berdasarkan umpan balik mereka.
Dengan begitu, kamu dapat melakukan upgrade dan perbaikan terhadap bisnismu.
Bagaimana kamu tertarik menggunakan Chatbot? Kamu dapat menikmati layanan Chatbot tersebut di Damcorp.id.
Damcorp siap mewujudukan tujuan bisnismu melalui Whatsapp Business API dan layanan Chatbot. Sehingga tidak perlu khawatir lagi dengan pelayanan bisnismu jika menggunakan Chatbot.
Baca juga artikel tentang Manfaat Veriefied Badge Pada WhatsApp