CRM: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

CRM: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Dalam dunia bisnis, penggunaan sistem Manajemen Hubungan Pelanggan menggabungkan strategi, teknologi, dan peran manusia untuk membangun komunikasi yang lebih baik. Menurut Survei Salesforce, implementasi CRM dapat memberikan dampak positif bagi bisnis sebesar 29% dan peningkatan produktivitas sebesar 34%. Yuk, mari kita pelajari lebih lanjut tentang Customer Relationship Management, mulai dari penjelasannya hingga contoh implementasinya yang dapat memberikan manfaat bagi bisnis Anda!

Apa Itu CRM?

Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah sistem yang membantu bisnis dalam mengelola hubungan dengan pelanggan dan calon pelanggan. Tujuan utama sistem ini adalah untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan dan mendorong pertumbuhan penjualan.

Dalam CRM, informasi mengenai pelanggan terkumpul dari berbagai saluran komunikasi seperti situs web, email, telepon, chat, dan media sosial. Data-data tersebut kemudian tersimpan secara otomatis dalam sebuah database pusat yang dapat terakses oleh tim-tim dalam organisasi atau bisnis.

Dengan adanya integrasi data yang terpusat, CRM menjadi solusi bisnis yang mempercepat proses penjualan, mempermudah aktivitas pemasaran, serta membantu dalam memberikan solusi kepada pelanggan.

Fungsi CRM dalam Bisnis

Dengan hadirnya aplikasi CRM, pemilik perusahaan akan terbantu dalam menangani segala keluhan dengan cepat dan efektif. Tidak hanya itu, penerapan CRM dalam bisnis juga memiliki berbagai manfaat yang bisa kamu peroleh, antara lain:

1. Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Dengan mengumpulkan informasi pelanggan melalui berbagai saluran seperti SMS, email, panggilan telepon, website, dan media sosial, perusahaan dapat memahami pelanggan secara konsisten. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, mencari solusi atas masalah yang sedang pelanggan hadapi. Bahkan, memberikan perhatian khusus dalam momen-momen istimewa pelanggan.

Perhatian secara otomatis semacam ini, dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap produk dan merek. Data yang terkumpul melalui CRM juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas pelayanan.

2. Efisiensi Penggunaan Anggaran Perusahaan

Dengan menerapkan Customer Relationship Management dalam bisnis, Anda dapat mengurangi biaya pemasaran. Setiap produk telah menemukan pangsa pasarnya masing-masing, sehingga survei tidak perlu dilakukan lagi.

Penggunaan CRM dalam menjalankan bisnis juga membantu meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sambil tetap mengoptimalkan anggaran perusahaan agar tidak terbuang sia-sia untuk layanan pelanggan yang tidak tepat sasaran.

3. Kegiatan Operasional Lebih Efektif

Penerapan aplikasi Customer Relationship Management akan memudahkan dalam menangani keluhan pelanggan. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya administratif atau menghadapi birokrasi yang mungkin muncul ketika keluhan tidak teratasi.

Contoh Implementasi CRM di Berbagai Industri

Pahami lebih dalam mengenai CRM tidaklah cukup. Mungkin Anda masih merasa bingung tentang bagaimana hal itu diterapkan di berbagai industri. Jangan khawatir, kami punya beberapa contoh penerapan CRM di berbagai sektor seperti berikut:

1. Industri Kesehatan

Dalam industri kesehatan, terdapat banyak sekali data yang beragam. Seperti data pasien yang terbaru, peralatan medis, data karyawan, obat-obatan, dan masih banyak lagi. Semua data ini dapat dengan mudah disimpan secara komprehensif dan otomatis. Serta dikelola dengan baik melalui penggunaan aplikasi CRM yang canggih.

2. Industri Retail

Aplikasi CRM memiliki kemampuan untuk mengelola persediaan barang, akuntansi, laporan penjualan dan pemasukan, dan berbagai fungsi lainnya. Keberadaannya sangatlah penting bagi industri ritel yang memiliki proses penjualan yang rumit. Dengan menerapkan sistem ini dalam bisnis ritel, kita juga dapat menghindari kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi ketika proses penjualan dilakukan secara manual.

3. Industri Konstruksi

Pemanfaatan aplikasi CRM dalam industri konstruksi bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik dengan mitra bisnis. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan proyek baru akan semakin meningkat. Pelanggan atau rekanan yang mempercayai seorang kontraktor cenderung memberikan proyek dengan nilai yang tinggi dan merekomendasikannya kepada rekan mereka.

4. Industri Manufaktur

Aplikasi CRM sangat bermanfaat bagi perusahaan manufaktur untuk mengelola pelanggan secara lebih efisien. Selain itu, sistem ini memiliki kemampuan dalam melacak pipeline dan proses bisnis secara real-time, serta mengelola kontak pelanggan.

5. Industri Perhotelan

Kepuasan pelanggan adalah aspek yang sangat penting dan harus menjadi prioritas utama bagi manajemen hotel. Pengelola hotel harus mampu melayani dan memahami keinginan serta kebutuhan pelanggan dengan sebaik-baiknya. Aplikasi CRM berbasis web pada industri hotel dapat membantu mewujudkannya. Selain itu, informasi yang anda peroleh melalui sistem ini juga dapat anda gunakan untuk menentukan strategi promosi hotel.

Setelah membahas dengan lengkap mengenai apa itu CRM, kita dapat memahami bahwa sistem manajemen hubungan pelanggan memiliki banyak keuntungan yang menguntungkan bisnis, termasuk peningkatan penjualan dan kesetiaan pelanggan.

Damcorp menawarkan aplikasi manajemen hubungan pelanggan terbaik di Indonesia untuk mempermudah dan meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Selain itu, Damcorp juga menyediakan fitur-fitur canggih seperti Omnichannel yang dapat mendorong pertumbuhan bisnis Anda.

Baca juga WhatsApp CRM: Pengertian, Manfaat dan Keunggulannya

Tinggalkan Balasan

Blog at WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: