Fungsi WhatsApp Business API dapat membantu meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen dan membangun hubungan yang lebih baik dengan mereka. Dalam hal ini, WhatsApp menjadi aplikasi yang paling banyak pengguna di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna.
WhatsApp Business API berfungsi untuk menjangkau lebih banyak pelanggan secara efektif dan efisien, serta membantu dalam membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Ada lima fungsi penting di dalam WhatsApp Business API, yang dapat membantu pemilik bisnis meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman belanja konsumen.

Fitur Penting WhatsApp Business API
Pada saat ini, hampir semua jenis bisnis yang memiliki jaringan pelanggan termasuk bisnis e-commerce, pasti membutuhkan WhatsApp API. Hal ini disebabkan oleh keberadaan WhatsApp Business API yang mencakup beberapa fitur penting, antara lain:
- Integrasi E-commerce WhatsApp
- Kehadiran bisnis bermerek di WhatsApp
- Pengiriman pesan pemberitahuan yang terprogram
- Kemampuan untuk merespons pesan masuk secara otomatis
Keterbatasan interaksi pelanggan fisik yang ada pada perusahaan e-commerce menekankan pentingnya interaksi online yang instan, mudah, dan kuat. Platform seperti aplikasi bisnis WhatsApp API, memberikan solusi untuk mengatasi tantangan tersebut. Melalui WhatsApp Business API, bisnis e-commerce dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan cara yang baru dan efektif.
Fungsi WhatsApp Business API
Ketika mendengar tentang WhatsApp Business API, mungkin terbersit pertanyaan di benak Anda. Jika Anda adalah pemilik bisnis dengan skala besar dan memiliki lebih dari 500 pengguna aktif, kami menyarankan untuk mulai menggunakan WhatsApp Business API.
Namun, kami memahami bahwa Anda memerlukan pemahaman yang lebih dalam tentang WhatsApp Business API sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda memahami satu per satu fungsi dari WhatsApp Business API sebagai berikut.
1. Kelola Percakapan dari 20 Channel
Jika Anda menggunakan berbagai media promosi dan penjualan, pasti Anda perlu banyak meresponse pesan. Merespon satu per satu pesan menjadi tidak efektif jika, terutama jika jumlah agen customer service Anda terbatas.
WhatsApp Business API dapat membantu Anda dengan memberikan akses ke dashboard omnichannel. Semua pesan dari berbagai saluran atau media dapat direspon dalam satu platform tanpa terkecuali, seperti Instagram, Facebook, dan marketplace.
Dengan dashboard omnichannel semuanya menjadi lebih mudah, komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih erat. Dan kepercayaan pelanggan terhadap produk dan layanan Anda meningkat.
2. Lead Generation
Jangan anggap sepele pesan dari calon klien atau pelanggan yang belum Anda balas. Percakapan dengan mereka bisa menjadi prospek bisnis yang baik. Berapa banyak pesan dari prospek bisnis atau pelanggan potensial yang belum Anda balas setiap harinya? Dan berapa transaksi yang terlewat karena pesan yang belum terbalas? WhatsApp Business API membantu Anda mempertahankan lead sales yang masuk dengan fitur pesan otomatis.
Dengan demikian, komunikasi dengan pelanggan dan calon klien akan terus terjaga. Dan pada akhirnya, prospek bisnis yang Anda dapatkan dapat diteruskan ke tim penjualan untuk ditindaklanjuti.
3. Meningkatkan Konversi Penjualan
WhatsApp Business API memungkinkan Anda untuk mengelola pesan masuk dari semua saluran penjualan dalam satu platform. Tentu saja hal ini memiliki dampak yang positif pada produk yang anda jual. Semakin banyak pesan yang direspon, semakin besar kemungkinan pelanggan membeli produk Anda.
Dengan adanya platform yang dapat menangani semua pertanyaan pelanggan, memenuhi kebutuhan promosi, dan memberikan informasi yang dibutuhkan, pelanggan akan semakin yakin untuk membeli produk Anda. Oleh karena itu, WhatsApp Business API memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan.
4. Layanan Pelanggan yang Baik dan Cepat
Dengan WhatsApp Business API, Anda dapat mengirim pesan yang lebih personal kepada banyak pelanggan, sehingga mereka merasa lebih diperhatikan. Selain itu, dashboard omnichannel memiliki fitur alokasi agen otomatis, yang membagi pesan yang masuk ke agen customer service secara otomatis.
Dengan cara ini, tidak ada lagi penumpukan pesan atau pesan yang terabaikan, sehingga Anda dapat membalas pesan lebih cepat dan menangani masalah atau keluhan pelanggan dengan lebih efektif. Dengan meningkatkan performa layanan pelanggan, Anda dapat meningkatkan konversi sales secara signifikan.
5. Terintegrasi dengan Banyak Sistem
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, WhatsApp Business dapat diintegrasikan dengan berbagai platform dan marketplace. Selain itu, WhatsApp Business API juga dapat diintegrasikan dengan berbagai aplikasi, seperti CRM, chatbot, ticketing, dan aplikasi lain yang Anda butuhkan. Hal ini memungkinkan percakapan dengan pelanggan menjadi lebih efektif dan efisien.
Selain itu, dengan WhatsApp Business API, Anda dapat melacak data lead sales dan kinerja tim dengan lebih mudah. Terdapat pula dashboard omnichannel dengan fitur analitik performa yang memudahkan Anda untuk memantau performa layanan pelanggan.
Kami dengan senang hati memberikan penjelasan mengenai WhatsApp Business API dan fungsi-fungsinya. Jika Anda masih merasa bingung atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Damcorp sebagai partner resmi WhatsApp Business API di Indonesia.
Damcorp akan membantu Anda dalam mengidentifikasi kebutuhan dan menyediakan layanan after sales untuk memastikan implementasi berjalan dengan baik. Jangan ragu menghubungi Damcorp jika anda ingin beralih menggunakan WhatsApp Business API.
Baca juga Perbedaan WhatsApp Business & WhatsApp Business API