Bagi kamu yang bergerak di bidang sales dan business development, pasti sering mendengar istilah sales funnel. Ya betul, Sales funnel merupakan aspek penting yang perlu anda perhatikan saat berkecimpung dalam dunia bisnis. Hal ini karena, setiap perubahan yang terjadi akan berdampak pada pertumbuhan bisnis yang kamu jalankan.
Perkembangan teknologi yang bertambah pesat, juga mempengaruhi bidang marketing termasuk sales funnel. Kemajuan teknologi ini menghasilkan perubahan dalam alur penjualan. Oleh karena itu, kamu perlu waspada dan selalu siap terhadap setiap perubahan yang terjadi. Jika tidak mengikuti perkembangan zaman, bisnis yang kamu bangun pasti akan stagnan tanpa adanya perubahan yang berarti. Untuk itu, Yuk ketahui lebih jauh konsep sales funnel dan bagaimana cara mengaplikasikannya dalam bisnismu.
Apa Itu Sales Funnel?
Sales funnel adalah serangkaian langkah yang dilalui oleh calon pelanggan untuk mencapai keputusan pembelian. Tahapan ini meliputi pengenalan produk, pertimbangan, dan keputusan akhir apakah akan membeli atau tidak.
Dengan menggunakan sales funnel, Anda dapat memahami bagaimana minat pelanggan terhadap produk Anda berkembang dan bagaimana mereka akhirnya memutuskan untuk membeli. Sehingga, pemahaman yang mendalam tentang seluruh proses pembelian ini, Anda dapat mengidentifikasi tahapan mana yang sudah berhasil dan tahapan mana yang masih perlu diperbaiki. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda pada tahapan yang belum optimal.
Manfaat Sales Funnel Bagi Bisnis
Konsep sales funnel ini tentu akan membantu bisnis anda dalam membangun customer journey yang mendorong mereka untuk melakukan transaksi. Berikut adalah alasan penting mengapa sales funnel diperlukan bagi bisnis:
1. Meningkatkan Produktivitas Bisnis
Dengan menggunakan funnel marketing, Anda dapat memahami proses penjualan bisnis Anda dengan lebih baik. Wawasan ini dapat membantu Anda dalam memilih prospek potensial yang layak. Tim support Anda dapat dengan fokus mengikuti mereka hingga berhasil mencapai kesepakatan penjualan. Anda juga dapat memanfaatkan saluran yang tersedia untuk menghubungi mereka.
2. Menarik Perhatian Pelanggan
Anda dapat menggunakan sales funnel untuk membangun branding yang menarik bagi pelanggan. Caranya adalah dengan menciptakan beragam konten menarik, seperti infografis, video, iklan, dan jenis konten lainnya, di semua platform Anda. Untuk menjalankan iklan dengan efektif, pilihlah tempat yang sesuai dengan tempat berkumpulnya prospek Anda.
3. Memahami Kebutuhan Pelanggan
Konsep funnel muncul dari kebutuhan pelanggan hingga membujuknya untuk melakukan transaksi. Semakin Anda paham tentang pelanggan, semakin efektif alur penjualan. Fokuslah pada pemasaran kepada calon pembeli yang sesuai dengan produk Anda. Dapatkan informasi ini melalui pemantauan aktivitas situs dan pemahaman bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs. Misalnya, di mana mereka mengklik dan berapa lama mereka menghabiskan waktu di halaman tertentu.
4. Menjalin Hubungan dengan Pelanggan
Dengan memahami konsep funnel, Anda bisa mendapatkan informasi pelanggan dan terus berhubungan dengan mereka. Sampaikan terima kasih atas pembelian mereka, berikan kode kupon tambahan, dan ajak mereka terlibat di media sosial Anda.
Lalu, Bagaimana Cara Membuat Sales Funnel ?
Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk membuat sales funnel, antara lain:
1. Tentukan Target Pelanggan
Identifikasi target pelanggan dan buat profil pelanggan ideal. Hal ini membantu perusahaan menentukan strategi pemasaran yang tepat dan menyaring calon pelanggan yang tidak sesuai.
2. Buat Strategi Marketing yang Menarik
Rancang strategi pemasaran untuk menarik perhatian calon pelanggan dan mengarahkan mereka ke website atau platform e-commerce bisnis. Buatlah konten menarik dan bermanfaat bagi calon pelanggan, serta promosikan produk atau layanan perusahaan melalui media sosial dan iklan.
3. Temukan Pelanggan Potensial
Saring pelanggan yang tidak sesuai dengan target bisnis dan temukan pelanggan potensial yang menjadi target penjualan. Kembangkan konten menarik dan bermanfaat untuk pelanggan potensial, serta bangun hubungan yang lebih baik dengan mereka.
4. Buat Promosi Penawaran yang Sesuai Kebutuhan Pelanggan
Buatlah strategi untuk menawarkan penawaran menarik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan potensial. Salah satu strategi tersebut adalah dengan menggunakan teknik persuasif dalam membuat konten, agar pelanggan potensial tertarik dengan penawaran yang sedang anda tawarkan.
Untuk menciptakan sales funnel yang efektif, diperlukan strategi yang tepat. Penggunaan strategi yang tepat akan meningkatkan keberhasilan sales funnel dalam bisnis Anda, serta membantu mengevaluasi kinerja bisnis dan memberikan pengalaman pelanggan yang baik.
Di samping itu, penerapan sales funnel juga dapat membantu anda untuk menyusun strategi bisnis untuk meningkatkan kinerja bisnis. Untuk hasil optimal dan manajemen yang mudah, Anda dapat memanfaatkan aplikasi CRM dari Damcorp.
Dapatkan Sistem CRM Terbaik Hanya di Damcorp Sekarang!
Dengan CRM, perusahaan dapat mengelola data pelanggan secara terpusat, memonitor respons pelanggan, dan merancang strategi penjualan sesuai kebutuhan pelanggan. Selain itu, CRM juga dapat membantu perusahaan dalam mengelola follow-up dan upselling untuk meningkatkan nilai serta keuntungan bisnis.
Damcorp menyediakan solusi CRM end-to-end yang terhubung dengan aplikasi lain seperti solusi omnichannel dan WhatsApp API. Mereka telah bekerja dengan berbagai perusahaan dari berbagai industri. Teknologi CRM All-in-One dari Damcorp telah membantu ribuan bisnis meningkatkan kinerja SDM, penjualan, produktivitas, dan pelayanan kepada pelanggan.
Baca juga: Contoh Strategi Pemasaran WhatsApp Marketing