Mengenal WhatsApp Multi-Agent

Mengenal WhatsApp Multi-Agent

Banyak pengguna WhatsApp merasa bahwa menggunakan aplikasi pesan instan hanya dari satu perangkat tidaklah cukup, terutama jika bisnis memerlukan banyak admin untuk menjawab semua pesan pelanggan. Namun, dengan menggunakan akun WhatsApp Business, masalah ini dapat teratasi. Karena WhatsApp Business dapat digunakan untuk multi-agent di banyak perangkat sekaligus.

Namun, perlu anda perhatikan bahwa WhatsApp membatasi penggunaan satu nomor WhatsApp oleh banyak admin. Sebagai akibatnya, bisnis harus melakukan verifikasi berulang kali agar admin dapat bekerja bersamaan. Jika terlalu sering berganti perangkat, akun WhatsApp Business banyak admin dapat terblokir.

Namun, dengan WhatsApp Business API, hal ini tidak akan terjadi. WhatsApp Business API memiliki fitur multi-agent yang dapat digunakan oleh admin tak terbatas di banyak perangkat sekaligus. Pelajari lebih lanjut mengenai WhatsApp Business Multi-Agent pada artikel di bawah ini!

Admin menggunakan WhatsApp Multi-Agent melalui perangkat yang berbeda-beda dalam waktu bersamaan. Photo by Pressmaster

Apa Itu WhatsApp Multi-Agent?

WhatsApp Multi-Agent adalah fitur yang memungkinkan satu nomor WhatsApp digunakan oleh banyak admin atau agen sekaligus. Dengan kata lain, satu akun WhatsApp dapat diakses oleh beberapa cs atau admin melalui perangkat yang berbeda-beda dalam waktu bersamaan, sehingga memungkinkan respon pelanggan yang lebih cepat dan efisien. 

Fitur ini juga mampu menyimpan data percakapan secara otomatis meskipun perangkat utama tidak terhubung ke internet. Semua data yang masuk akan tersimpan dalam satu panel terpadu yang mudah anda akses. Salah satu keuntungan lainnya dari WhatsApp Multi-Agent adalah tidak perlu melakukan verifikasi ulang ketika anda gunakan di perangkat yang berbeda.

Manfaat Menggunakan WhatsApp Multi-Agent

Menggunakan fitur WhatsApp Multi Admin memiliki banyak keuntungan dan manfaat yang sayang anda abaikan. Salah satu keuntungannya adalah kemampuan untuk melayani lebih banyak pelanggan dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, fitur ini juga mempermudah pelanggan untuk menghubungi bisnis karena hanya memerlukan satu nomor layanan pelanggan. Namun, manfaatnya tidak berhenti di situ. Terdapat beberapa manfaat lain dari penggunaan fitur WhatsApp Multi Agent yang perlu anda perhatikan, di antaranya meliputi:

1. Dapat Menjadi Sistem Customer Service yang Andal

WhatsApp Multi Agent memudahkan penggunaannya dengan hanya menggunakan satu nomor untuk berbagai keperluan, seperti pelayanan pelanggan, pengingat dan konfirmasi pembayaran, OTP, melacak pembelian dan pengiriman barang, serta notifikasi lainnya. Keuntungan ini sangat bermanfaat bagi pelanggan karena mereka tidak perlu bingung dengan nomor yang harus mereka hubungi. Dalam hal pelayanan pelanggan, WhatsApp Multi Agent memberikan kemudahan dalam menangani berbagai permintaan pelanggan dengan cepat dan efisien.

2. Cepat dalam Melayani Pelanggan 

Jika Anda memiliki bisnis dengan banyak pelanggan, WhatsApp Multi Agent bisa menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Dengan menggunakan WhatsApp Business Multiple Admin, Anda bisa menambahkan sejumlah admin customer service yang tidak terbatas untuk memberikan respon yang lebih cepat dan efisien. Selain itu, dengan adanya platform yang terpusat, pesan dari pelanggan akan masuk ke dalam satu tempat sehingga mengurangi risiko tumpang tindih permintaan yang sama. Dengan begitu, pelayanan pelanggan akan semakin optimal dan memuaskan.

3. Pembagian yang Adil pada Setiap Admin

WhatsApp Multiple Agent memungkinkan pesan yang masuk terhubung ke panel obrolan multi-channel. Pesan tersebut kemudian akan secara otomatis mendapat respon oleh admin layanan pelanggan. Untuk memastikan layanan yang adil, alokasi admin akan berjalan secara merata baik secara manual atau otomatis melalui round robin. Dengan pengaturan ini, tidak ada admin yang terbebani dengan pesan masuk yang terlalu banyak dan kualitas layanan pelanggan tetap terjaga.

4. Otomatisasi Database

WhatsApp Multiple Agent memiliki fitur canggih yang memudahkan pengguna dalam menyimpan pesan yang masuk secara otomatis. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu repot-repot melakukan backup data atau melakukan sinkronisasi riwayat percakapan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini akan sangat membantu meningkatkan efisiensi penggunaan WhatsApp Multiple Agent.

5. Laporan Kinerja Admin dan Pesan

Secara otomatis, WhatsApp Business Multiple Agent akan meng-update data secara real-time. Termasuk total percakapan dan rata-rata waktu respon admin, serta informasi lainnya. Fitur ini sangat membantu bisnis dalam mengevaluasi KPI customer service, kinerja masing-masing admin, serta merencanakan strategi untuk meningkatkan percakapan yang lebih baik. Dengan adanya fitur ini, bisnis dapat dengan mudah memantau dan mengevaluasi kinerja customer service mereka, sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan.

6. Kemudahan dalam Integrasi

Dengan fitur ini, interaksi dengan pelanggan menjadi lebih lancar dan efisien. Seluruh percakapan dengan pelanggan dapat anda akses melalui dashboard interaktif yang terhubung secara otomatis. Hal ini memungkinkan bisnis untuk lebih mudah mengelola pesan dari berbagai platform, sehingga memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Dapatkan WhatsApp Business Multiple Agent Terbaik Sekarang!

Sebagai official partner WhatsApp business API, Damcorp dapat membantu bisnis Anda memperoleh WhatsApp Business API dengan cepat dan mudah. Selain itu, Damcorp juga telah terintegrasi dengan omnichannel CRM yang dapat terhubung dengan teknologi lainnya. Hal ini memungkinkan WhatsApp Business Multiple Agents Anda untuk memberikan pelayanan pelanggan dengan lebih mulus dan efektif. Tidak hanya itu, Damcorp telah dipercaya oleh lebih dari 100+ perusahaan untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan mereka. 

Dan yang lebih penting lagi, Damcorp telah tersertifikasi ISO 27001, sehingga keamanan data pelanggan Anda tetap terjamin. Jadi, jika Anda ingin memaksimalkan potensi WhatsApp Business Multiple Agent Anda, jangan ragu untuk bekerjasama dengan Damcorp sebagai mitra resmi WhatsApp API terbaik Indonesia.

Baca juga 6 Solusi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di Browser

Tinggalkan Balasan

Blog at WordPress.com.

%d