Panduan Terbaru WhatsApp Business Automation 2023

Konsep Panduan terbaru WhatsApp Business Automation 2023

Ada hal menarik yang perlu Anda ketahui tentang WhastApp automation. Ternyata, fitur autoreply hanyalah sedikit dari segudang kecanggihan yang dimilikinya. Salah satu fitur yang sangat menarik adalah Chatbot yang mampu merespons pesan pelanggan secara alami. Namun, untuk bisa menggunakan Chatbot ini, Anda harus meng-upgrade WhatsApp Business Anda menjadi WhatsApp Business API. Jadi, jika Anda penasaran ingin tahu manfaat dan cara mendapatkan WhastApp automation ini, jangan lewatkan panduan lengkap yang kami siapkan untuk Anda!

Benefit WhatsApp Business Automation

Anda dapat memanfaatkan berbagai kegunaan untuk kebutuhan bisnis Anda dengan maksimal. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, tetapi juga untuk memperkuat pemasaran produk Anda. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan jika Anda berhasil memaksimalkan kegunaan dari otomasi WhatsApp bisnis.

1. Komunikasi Bisnis yang Efektif

Komunikasi bisnis Anda dengan pelanggan akan menjadi lebih efektif dan efisien. Hal ini berkat otomasi alur kerja yang telah Anda atur melalui WhatsApp. Efektivitas komunikasi ini tidak hanya berdampak pada kepuasan pelanggan, tetapi juga pada perkembangan internal organisasi Anda.

Sebuah riset menunjukkan bahwa 72% pimpinan perusahaan atau pemilik bisnis setuju bahwa efektivitas komunikasi meningkatkan produktivitas tim. Hal ini karena mereka tidak perlu memikirkan hal-hal non-teknis atau masalah umum yang dapat diselesaikan melalui otomasi WhatsApp Business.

2. Peningkatan Waktu Respons

Waktu respons Anda terhadap pesan pelanggan akan meningkat seiring dengan penerapan otomasi WhatsApp. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, otomasi WhatsApp bisnis memungkinkan Anda merespons pesan pelanggan sesegera yang diharapkan oleh mereka. Terutama jika Anda memanfaatkan integrasi chatbot untuk memberikan jawaban yang lebih rinci sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Apakah waktu respons ini berpengaruh pada konversi penjualan? Jawabannya adalah ya, tentu saja. Sebuah riset mencatat bahwa78% pelanggan cenderung sudah memutuskan untuk melakukan transaksi pada awal percakapan. Ini berarti bahwa sebelum pelanggan menghubungi Anda, mereka sudah tertarik pada produk Anda. Hanya saja mereka membutuhkan pertimbangan lebih lanjut sebelum melakukan pembelian, itulah sebabnya mereka menghubungi Anda.

Jika Anda mengabaikan tahap ini, Anda pasti akan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Manfaatkan alat komunikasi yang Anda miliki untuk memberikan respons cepat terhadap pesan pelanggan. Tanpa perlu berpikir lama, Anda dapat menggunakan WhatsApp untuk kebutuhan dukungan pelanggan dan pemasaran Anda.

3. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Peningkatan keterlibatan pelanggan juga menjadi manfaat yang akan Anda rasakan. Komunikasi yang efektif dan waktu respons yang baik akan membentuk hubungan yang baik dengan pelanggan. Dukunglah strategi pengalaman pelanggan yang holistik untuk memperkuat keterlibatan pelanggan Anda. Di sini, Anda dapat memaksimalkan pengalaman pelanggan yang personal, di mana Anda menawarkan pengalaman berbelanja sesuai dengan buyer persona Anda. Meskipun secara umum demografi pelanggan Anda sama, bukan berarti mereka memiliki persona dan nilai yang sama. Ragam persona dan nilai ini harus Anda pahami untuk memperkuat pengalaman pelanggan yang personal.

Langkah ini dapat Anda mulai dengan menerapkan pesan otomatis WhatsApp dengan penggunaan kata sambutan yang sesuai dengan persona pelanggan, serta rekomendasi produk yang personal melalui otomasi WhatsApp, seperti notifikasi WhatsApp. Manfaatkanlah otomasi WhatsApp untuk mendapatkan manfaat bagi bisnis Anda.

4. Respons Cepat di Luar Jam Operasional Bisnis

Mungkin Anda merasa kesulitan untuk merespons pesan di luar jam operasional bisnis, atau sulit untuk menginvestasikan agen layanan pelanggan untuk merespons pesan pelanggan pada waktu tertentu. Dengan memanfaatkan otomasi WhatsApp Business, kekhawatiran itu tidak akan terjadi lagi.

Otomasi pesan dari WhatsApp memungkinkan Anda selalu hadir untuk pelanggan di mana saja dan kapan saja. Terutama jika Anda memanfaatkan integrasi chatbot dan WhatsApp Business Anda. Maka jam operasional bisnis tidak akan menjadi hambatan bagi Anda untuk merespons pesan pelanggan dengan cepat. Anda juga tidak akan kehilangan kesempatan konversi penjualan.

5. Mempercepat Konversi Penjualan

Peningkatan konversi penjualan yang cepat akan menjadi puncak manfaat dari penggunaan otomasi WhatsApp bisnis ini. Penjelasan mengenai konversi penjualan ini telah dijelaskan pada poin 1-4 sebelumnya. Efektivitas komunikasi, waktu respons, keterlibatan pelanggan, dan layanan pelanggan yang berkelanjutan akan memberikan keuntungan bagi Anda.

Pelanggan akan merasa yakin dan percaya untuk memulai transaksi dengan Anda. Terutama jika Anda mampu memberikan layanan purna jual yang baik untuk mempertahankan pelanggan. Hal ini juga dapat Anda maksimalkan dengan menggunakan siaran WhatsApp untuk mengirimkan pengingat promo dan program loyalitas pelanggan. Semua kegunaan ini akan membantu Anda mempercepat konversi penjualan produk Anda.

Cara Menggunakan WhatsApp Business Automation

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan WA Automation setelah mengetahui kegunaan dan manfaatnya? Namun, sebelumnya Anda perlu memiliki akun WhatsApp Business terlebih dahulu. Dengan akun tersebut, Anda dapat mengatur otomasi pesan WhatsApp untuk mendukung komunikasi bisnis Anda dengan pelanggan.

1. Menggunakan WhatsApp Business

Jika Anda sudah memiliki akun WhatsApp Business, Anda dapat mengatur otomasi pesan melalui pengaturan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur otomasi pesan WhatsApp Business:

  • Pengguna iOS dapat membuka menu pengaturan, sedangkan pengguna Android dapat membuka menu opsi.
  • Pilih opsi fitur bisnis dan lanjutkan dengan memilih balasan cepat.
  • Selanjutnya, tuliskan pesan balasan yang ingin Anda kirim secara otomatis kepada pelanggan.
  • Pilih pintasan untuk mengatur pesan pintasan yang harus ditulis oleh pelanggan.
  • Terakhir, pilih simpan.

Sayangnya, bagi pengguna WhatsApp Business biasa, hanya pesan otomatis untuk respon pertama kepada pelanggan yang dapat dimanfaatkan. Untuk percakapan lanjutan, otomatisasi tidak dapat dilakukan. Anda akan membutuhkan bantuan agen customer service untuk merespon pelanggan lebih lanjut.

2. Menggunakan WhatsApp Business API

Anda dapat mempertimbangkan WhatsApp Business API sebagai opsi yang tepat untuk mengimplementasikan WhatsApp Automation. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp API dapat membantu Anda memaksimalkan kinerja otomasi pesan pada WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan WhatsApp Business API:

  • Hubungi Damcorp sebagai penyedia layanan WhatsApp Business API terbaik di Indonesia.
  • Pilih nomor yang akan didaftarkan pada WA Business API.
  • Lakukan aktivasi pada akun Facebook Business Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan, Damcorp akan membantu dalam proses aktivasi tersebut.
  • Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk proses verifikasi, seperti dokumen legal, alamat, website, dan dokumen penting lainnya yang mendukung keabsahan bisnis Anda.
  • Unggah dokumen-dokumen yang diminta, dan tim Damcorp akan membantu dalam proses verifikasi.
  • Tunggu beberapa waktu untuk proses verifikasi.
  • Setelah proses verifikasi selesai, Anda akan mendapatkan akses ke dashboard Omnichannel Chat. Dengan itu, Anda sudah dapat mengaktifkan WhatsApp Business Automation.

Nikmati kemudahan dan tingkatkan performa bisnis Anda dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan menggunakan fitur otomatisasi WhatsApp di WhatsApp Business API dari Damcorp, mitra resmi WhatsApp dan penyedia layanan terbaik di Indonesia. Ayo, segera daftar sekarang!

Baca juga Pembaruan WhatsApp, Ini Fitur Terbaru di 2023!

Tinggalkan Balasan

Blog at WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: