Apa Itu Customer Experience? Bagaimana Cara Meningkatkanya?

Ketika membangun sebuah bisnis tentunya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Mulai dari kualitas produk, kegiatan promosi, hingga kepuasaan pelanggan. Pelanggan adalah kunci utama keberhasilan bisnis. Oleh sebab itu, kepuasaan pelanggan harus menjadi prioritas utama. Kamu harus memikirkan bagaimana pelanggan dapat merasa senang selama menggunakan produk dari bisnis kamu. Hal ini disebut dengan customer experience, pada artikel ini kamu akan mengetahui pengertian, tujuan, dan cara meningkatkan customer experience.

Pengertian Customer Experience

Customer experience adalah pengalaman positif pelanggan dengan sebuah bisnis yang dapat berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis. Pengalaman ini dimulai dari pelanggan berinteraksi hingga memutuskan untuk membeli produk. Segala bentuk interaksi yang diberikan akan menjadi penilaian bagi pelanggan. Oleh sebab itu, sebuah bisnis harus berusaha memberikan customer experience yang maksimal kepada pelanggan. Namun, ada beberapa tujuan lainnya mengapa customer experience itu penting. 

Tujuan Customer Experience

1. Meningkatkan Loyalitas

Pelanggan yang senang dan puas tentunya berpengaruh terhadap loyalitas. Pelanggan yang loyal akan sangat membawa keuntungan. Mengapa? Karena, tidak menutup kemungkinan bahwa pelanggan akan mempromosikan produk kamu kepada orang lain. Secara tidak langsung keuntungan produk kamu juga akan terus meningkat. Selain itu, pelanggan yang loyal juga tidak akan ragu untuk kembali dan berlanggan dengan produk kamu.

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Customer experience yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Jika pelanggan merasa puas baik terhadap produk dan pelayanan, maka sedikit kemungkinan untuk pelanggan beralih ke brand lain. Hal ini akan sangat bermanfaat karena salah satu kesulitan berbisnis adalah harus berusaha lebih unggul dari para kompetitor. 

3. Meningkatkan Reputasi Brand

Reputasi adalah hal penting yang harus dimiliki sebuah bisnis, bagaimana masyarakat melihat bisnis tersebut. Jika kamu memiliki reputasi brand yang buruk tentunya penghasilan bisnis kamu akan menurun. Karena, masyarakat tentunya akan membeli sesuatu yang memiliki ulasan atau rekomendasi yang positif. Namun, dengan customer experience yang baik, reputasi brand kamu akan turut meningkat. 

Cara Meningkatkan Customer Experience

1. Memberikan Promosi Menarik

Promosi adalah awal mula dimana masyarakat mulai mengenal brand kamu, sehingga akan terbangun brand awareness yang baik. Oleh sebab itu, kamu harus berusaha membuat kegiatan promosi yang menarik. Misalnya melakukan campaign di setiap platform media sosial. Maka dari itu, campaign tersebut harus unik dan menarik, agar tidak mudah dilupakan. 

2. Memberikan Informasi yang Jelas

Jika sudah berhasil membuat pelanggan melirik brand kamu melalui promosi. Kamu juga harus selalu memberikan informasi yang jelas jika pelanggan membutuhkan. Jangan sampai pelanggan merasa tidak puas dengan informasi yang didapatkan. Hal terburuk yang terjadi adalah pelanggan memutuskan untuk beralih ke brand lain karena tidak mendapatkan apa yang mereka butuhkan. 

3. Pelayanan yang Maksimal

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah selalu memberikan pelayanan yang maksimal. Bagaimana caranya? Selalu hadir setiap dibutuhkan pelanggan. Misalnya, pelanggan bertanya sesuatu hal maka kamu harus menjawabnya dengan cepat. Karena menunggu bukan hal yang menyenangkan, oleh sebab itu jangan sampai pelanggan menunggu kamu. 

Salah satu cara memberikan pelayanan yang maksimal adalah melalui Damcorp.id. Layanan Whatsapp Business API dapat hadir setiap waktu dan membalas pesan pelanggan dengan cepat. Hanya dengan hitungan detik dan dalam 24 jam pelanggan bisa mendapatkan pelayanan yang maksimal. Damcrop.id hadir dengan Whatsapp Business API melalui Chatbot, Alerts, dan Notification yang siap memberikan customer experience terbaik untuk pelanggan kamu!

Baca juga Manfaat Veriefied Badge Pada WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Blog at WordPress.com.

%d