Apa Itu Customer Journey dan Seberapa Penting Untuk Kebutuhan Bisnis?

Ketika membangun sebuah bisnis langkah awal yang kamu lakukan adalah membuat masyarakat menyadari keberadaan brand yang kamu miliki. Setelah itu, kamu akan berusaha agar masyarakat memilih dan melakukan transaksi dengan bisnismu. Tentunya kamu juga tidak ingin hubunganmu dengan customer berhenti sampai disitu, karena salah satu tujuan membangun bisnis adalah memiliki customer yang loyal. Proses tersebut disebut dengan customer journey.

Customer journey merupakan salah satu hal penting dalam proses berjalannya sebuah bisnis. Pada tahapan customer journey, customer akan mengalami perubahan pola pikir dan keputusan pada sebuah brand. Sehingga pada proses akhir akan menciptakan customer experience yang baik dan membentuk pelanggan yang setia. Tentunya pelanggan yang setia akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu bisnis. Customer journey memiliki tahapan – tahapan yang lain, Damcorp.id akan memberikan penjelasannya pada artikel ini. 

Tahapan – Tahapan Customer Journey 

1. Tahapan Brand Awareness 

Pada tahapan ini customer mulai mengenal dan mengetahui keberadaan brand. Untuk membangun tahapan ini kamu harus membuat sebuah iklan atau campaign dan memasarkannya di media sosial atau internet. Tentunya kamu harus melakukan promosi brand yang semenarik mungkin, agar customer tertarik dan ingin mencari tahu tentang brand kamu.

Ketika proses menentukan ide promosi kamu harus mampu berpikir kreatif dan out of the box, sehingga bisnis kamu memiliki sesuatu yang berbeda dari bisnis lainnya. Jika kamu berhasil melewati tahapan ini, maka peluang mendapatkan customer akan terbuka lebar. 

2. Tahapan Interest

Setelah berhasil melewati tahapan brand awareness, kamu tentunya ingin customer mulai mencari tahu informasi seputar brand, itulah yang disebut dengan tahapan interest. Dimulai dari kebutuhan atau keadaan dimana customer menemukan masalah, dan mulai mencari tahu tentang keberadaan brand dari internet atau media sosial. 

Pada tahapan ini kamu sudah terhitung telah berhasil mencuri hati calon customer, karena mereka rela meluangkan waktu untuk mencari tahu lebih jauh tentang brand kamu. Oleh sebab itu kamu tidak boleh melewatkan kesempatan ini. Usahakan calon customer bisa mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas sesuai dengan kebutuhan mereka. 

3. Tahapan Decision

Ketika customer sudah sampai pada tahapan ini berarti kamu sudah berhasil merebut hatinya. Tahapan ini juga menunjukan bahwa customer sudah mengetahui, tertarik dan memutuskan untuk membeli produk atau jasa dari brand yang kamu miliki. Namun belum selesai sampai disitu saja kamu tetap harus memberikan dorongan kepada customer untuk membeli.

Apa saja dorongan itu? Tentunya kamu harus memberikan promosi yang menarik dan berisikan hal – hal yang dapat membuat customer membeli, misalnya memberikan potongan harga untuk pembelian pertama. Selain itu, dalam kegiatan promosi kamu juga harus memberikan informasi yang membuktikan bahwa brand kamu adalah yang terbaik dari yang lainnya. 

4. Tahapan Retention

Tahapan inilah yang paling penting, karena customer sudah membeli dan menggunakan produk atau jasa dari brand kamu. Namun tahap ini merupakan yang paling sulit karena, kamu harus mempertahankan customer. Mendapatkan customer baru dan mempertahankan customer memiliki tingkat kesulitan yang sama. 

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah melakukan pengembangan produk secara berkala. Customer akan merasa bosan jika produk kamu tidak ada hal yang baru. Selain itu, kamu harus konsisten memberikan yang terbaik jangan sampai customer pergi ke brand lain hanya karena kecewa dengan produk dan pelayanan yang diberikan. Intinya kamu tidak boleh mengecewakan customer, karena untuk sampai di tahapan retention melewati proses yang cukup panjang. 

Setiap customer tentunya selalu ingin mendapatkan yang terbaik mulai dari tahapan brand awareness hingga retention. Oleh sebab itu, kamu harus selalu memberikan yang terbaik agar customer journey dapat berjalan dengan maksimal. Dengan begitu, tentunya keuntungan dan keberhasilan akan mengiringi bisnismu. Damcorp.id dapat memberikan solusi untuk meningkatkan loyalitas dan menemani perjalanan pelangganmu dengan layanan Whatsapp Business API. Layanan ini bisa membantu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat dan tepat.  

Baca juga Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

Tinggalkan Balasan

Blog at WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: