Apa Itu WhatsApp API? Pengertian, Manfaat, dan Fitur

Whatsapp API

Aplikasi WhatsApp adalah salah satu aplikasi penting dalam kehidupan modern. karena banyak orang menggunakannya untuk komunikasiAplikasi WhatsApp hingga saat ini masih menjadi salah satu aplikasi yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Lantaran, banyak orang-orang yang menggunakannya untuk berkomunikasi. Layanan ini hampir serupa dengan layanan SMS yang digunakan untuk mengirimkan pesan teks. Hanya saja perbedaanya, WhatsApp menggunakan internet untuk mengirim pesan. Sehingga biaya penggunaannya jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan layanan SMS. 

Selain itu, lewat layanan WhatsApp Anda juga bisa mengirimkan gambar, audio bahkan dalam format video. Seiring berjalannya waktu, saat ini WhatsApp juga banyak digunakan oleh  para pelaku bisnis untuk berkomunikasi dengan customernya. Inilah yang kemudian disebut sebagai WhatsApp Business API. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, yuk simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga WhatsApp Business VS WhatsApp Business API

Whatsapp API

Apa Itu WhatsApp Business API

WhatsApp Business API merupakan WhatsApp Business dalam bentuk enterprise dengan Application Programming Interface (API) yang berguna untuk memaksimalkan performa dan mempermudah Anda dalam menjalankan aktivitas marketing dan customer service. Sehingga ini akan mempermudah perusahaan dalam berkomunikasi dengan pelanggannya setiap saat..

Terverifikasi dan integrasi menjadi keunggulan utama dari WhatsApp Business API. Maksud dari terverifikasi adalah ketika Anda menggunakan dan melakukan pengajuan verifikasi akun untuk mendapatkan centang hijau, maka pihak WhatsApp atau Meta akan memverifikasi semua persyaratan Anda. Setelah itu, secara otomatis akun Anda akan mendapatkan centang hijau dan pertanda bahwa akun atau bisnis Anda sudah valid. 

Kemudian ada juga kemudahan dalam integrasi dimana dengan hadirnya WhatsApp Business API, akan semakin mempermudah anda untuk mengintegrasikannya dengan beberapa aplikasi pendukung lainnya, seperti CRM, data analytics, dan beberapa aplikasi lainnya.

Manfaat Menggunakan Whatsapp Business API

Setelah mengetahui apa itu WhatsApp Business API, sebagaimana yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Lalu apa saja manfaatnya ?

1. Meningkatkan Customer Engagement 

Fast respon dan unlimited  yang dimiliki oleh WhatsApp Business API akan menciptakan suasana komunikasi yang baik dengan pelanggan. Disamping itu, Anda bisa mengirimkan pesan yang dipersonalisasi untuk mendekatkan diri dengan pelanggan. Melalui beberapa fitur tersebut, customer engagement Anda dan pelanggan perlahan akan akan mengalami peningkatan. 

2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan 

Kepuasan pelanggan berhubungan dengan seberapa cepat respon Anda terhadap pertanyaan atau masalah yang dihadapi oleh pelanggan. Melalui integrasinya dengan bot, Anda dapat merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat. Anda perlu membuat beberapa template pesan yang isinya berupa jawaban dari permasalahan umum yang sering dihadapi oleh pelanggan untuk mempercepat respon Anda dengan menggunakan bot

3. Meminimalisir Budget Marketing dan Operasional 

Menambahkan WhatsApp Business API memang harus mengeluarkan biaya pengadaan. Akan tetapi, setelah anda menjalaninya, WhatsApp Business API akan menolong Anda dalam mengurangi budget marketing. Di sisi lain, anda juga tidak dibebankan biaya maintenance sistem yang selalu mahal setiap tahunnya. 

4. Keamanan Komunikasi Bisnis Terjamin 

Selain itu, pihak WhatsApp juga sudah menerapkan sistem enkripsi end-to-end supaya kerahasiaan isi percakapan Anda terjaga. Dimana hanya pengirim dan penerima sajalah yang bisa mengetahui isi pesan yang dikirim. 

5. Semua Aktivitas Terukur 

Semua aktivitas Anda dalam WhatsApp Business API akan terukur dan tercatat dengan baik melalui fitur analytic. Data analisis yang ada, nantinya bisa Anda jadikan acuan untuk membuat business plan atau pengambilan keputusan kedepannya.

Fitur Whatsapp Business API

1. Whatsapp Multi-user 

Satu hal yang tidak bisa Anda hindari adalah ketika banyaknya pelanggan yang menanyakan seputar produk Anda di Whatsapp, belum lagi jika ada keluhan yang terjadi. Hal ini tentu saja membutuhkan banyak orang untuk merespon, agar pelanggan tidak menunggu terlalu lama. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fitur multi-user yang dapat digunakan dan diakses oleh beberapa admin sekaligus melalui perangkat yang berbeda. Dengan begitu, anda tak perlu khawatir jika ada pertanyaan atau keluhan dari customer yang terlewat. 

2. Chatbot 

Chatbot merupakan sebuah program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence) alias robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan sebagaimana halnya manusia. Anda dapat mengintegrasikan chatbot dengan Whatsapp Business API, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk mengirimkan pesan secara otomatis kepada pelanggan sekalipun dalam jumlah yang banyak. 

3. Masking Sender yang Terverifikasi 

Masking sender merupakan fitur penyesuaian identitas pengirim yang muncul di layar ponsel penerima dengan nama perusahaan, nama instansi atau organisasi, nama produk atau jasa dan lain sebagainya, meskipun mereka belum menyimpan nomor Anda. Sama halnya dengan akun official di media sosial lainnya, Whatsapp Business API juga memungkinkan nomor yang Anda miliki muncul logo verifikasi di profil Anda. Tentu ini akan membuat bisnis Anda semakin lebih terpercaya dan profesional. 

4. Profil Bisnis 

Dengan fitur profil bisnis, anda bisa menyimpan informasi singkat seputar bisnis Anda dan akan membuat customer semakin percaya. Saat mereka mengunjungi profil Anda, mereka akan melihat informasi seperti foto sampul, deskripsi, alamat, email, website, dan jam buka toko Anda. 

5. Integrasi Channel 

Whatsapp Business API menawarkan integrasi menawarkan banyak integrasi dengan sistem lain seperti CRM, system contact centre, payment system dan lain sebagainya sehingga memudahkan Anda untuk menjalankan bisnis cukup dalam satu platform

6. Report & Analytic 

Whatsapp Business API lengkap dengan laporan analitik yang terperinci dan  interaktif dalam satu dashboard. Laporan ini menampilkan semua hal tentang interaksi pelanggan Anda, tren penjualan, hingga data pelanggan untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik lagi.

Baca juga Manfaat Veriefied Badge Pada WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Blog at WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: