Perbedaan Fitur Akun WhatsApp Bisnis & WhatsApp Biasa

Perbedaan Fitur Akun WhatsApp Bisnis & WhatsApp Biasa

Mungkin masih banyak di antara Anda yang menganggap WhatsApp Bisnis dan versi reguler sebagai aplikasi yang serupa. Namun, sebenarnya ada perbedaan yang cukup mencolok di berbagai aspek di antara keduanya.

WhatsApp Messenger, yang pertama kali resmi diluncurkan pada November 2009, telah memberikan kontribusi besar dalam mempermudah komunikasi antar individu.

Kemudian, sebagai upaya untuk lebih memenuhi kebutuhan pengguna, pada tahun 2018 WhatsApp kembali berinovasi dengan merilis WhatsApp Business. Inovasi ini ditujukan khususnya untuk pelaku bisnis.

WhatsApp Business menyediakan beragam fasilitas dan fitur tambahan yang sangat bermanfaat bagi pelaku bisnis dalam menjalankan operasional mereka. Bahkan, kehadiran WhatsApp Bisnis telah terbukti dapat meningkatkan omzet bagi pemilik usaha kecil. Untuk lebih memahami perbedaan mendasar antara WhatsApp Bisnis dan versi reguler, mari simak ulasan di bawah ini.

Perbedaan WhatsApp Bisnis dan Biasa 

Meskipun diciptakan oleh pengembang yang sama, terdapat sejumlah perbedaan mencolok antara WhatsApp Business dan WhatsApp versi biasa. Jika Anda masih merasa kesulitan atau bingung dalam memahami perbedaan antara akun WhatsApp Bisnis dan akun WhatsApp biasa, berikut adalah beberapa poin penting yang patut Anda ketahui!

1. Varian Logo Aplikasi

Perbedaan yang paling mencolok adalah logo dari kedua aplikasi ini. Meskipun keduanya mengusung warna hijau muda yang menjadi ciri khas, perbedaan utama justru terletak pada logo mereka.

WhatsApp konvensional menampilkan gambar telepon berwarna putih di tengah logo. Sementara WhatsApp Business menggunakan huruf ‘b’ besar berwarna putih.

2. Penggunaan Nomor dalam Akun

Berbeda dengan WhatsApp biasa yang hanya memungkinkan nomor ponsel, WhatsApp Business memungkinkan pengguna untuk menyertakan nomor telepon rumah atau kantor dalam kontak bisnis. Namun, diimbau agar nomor telepon tetap konsisten untuk memberi panduan kepada konsumen.

3. Balasan Otomatis

Fitur pesan otomatis di WhatsApp Business mempermudah pelaku bisnis dalam merespons pelanggan dengan cepat. Fitur ini tidak tersedia di WhatsApp biasa.

Terdapat fitur lebih canggih bernama Chatbot, yang tidak hanya memberikan balasan otomatis (quick replies), tetapi juga bisa menangani interaksi dengan pelanggan hingga proses transaksi penjualan. Fitur ini hanya tersedia dalam versi WhatsApp Business API.

4. Profil Pengguna

Perbedaan berikutnya antara WhatsApp Bisnis dan konvensional adalah profil pengguna. Dalam akun WhatsApp Business, Anda bisa memasukkan berbagai informasi bisnis seperti kategori bisnis, tautan situs web, dan lainnya. Fitur ini tidak tersedia dalam WhatsApp biasa.

Ini akan membantu calon pembeli memahami lebih lanjut tentang produk atau layanan bisnis Anda. Jika kategori bisnis Anda tidak ada dalam pilihan yang disediakan oleh WhatsApp Business, Anda masih bisa memilih “Lainnya”.

Profil akun WhatsApp biasa hanya berisi nama, gambar, dan nomor telepon, sementara di WhatsApp Bisnis Anda bisa menampilkan:

  • Nama bisnis
  • Logo
  • Kategori bisnis
  • Tautan situs web
  • Katalog produk
  • Deskripsi perusahaan
  • Lokasi dan jam operasional

Jika Anda meningkatkan akun WhatsApp Business Anda menjadi Akun Business API, ceklis hijau dapat ditampilkan di profil akun Anda, meningkatkan kredibilitas bisnis di mata konsumen.

5. Statistik Pesan

Fitur statistik pesan hanya ada dalam WhatsApp Business, berisi informasi tentang pesan yang dikirim, dibaca, dan diterima. Ini merupakan alat penting bagi pemilik bisnis untuk menganalisis performa akun mereka. Fitur ini tidak ada dalam WhatsApp biasa.

6. Label untuk Pesan Masuk

Fitur pelabelan pesan masuk adalah perbedaan lain antara WhatsApp Business dan versi biasa. Dengan memberi label pada pesan yang masuk terkait bisnis, Anda bisa lebih mudah mengelola komunikasi dengan pelanggan.

Anda bisa membuat kategori khusus sesuai dengan jenis pesan. Misalnya, Anda bisa mengelompokkan pesan dari pelanggan, mitra kerja, atau pemasok.

7. Konektivitas Profil

Kedua aplikasi WhatsApp ini mendukung tautan klik untuk terhubung melalui kode QR atau nomor telepon. Namun, hanya pemilik akun WhatsApp Business yang bisa membuat shortlink dari pengaturan akun mereka. Fitur ini memungkinkan memulai percakapan antara calon pelanggan dan bisnis Anda.

Itu adalah beberapa perbedaan fitur menarik antara WhatsApp Business dan WhatsApp biasa. Jika kamu memiliki toko online atau berusaha menjangkau pasar virtual, WhatsApp bisnis menjadi opsi yang sangat tepat. Selain itu, platform ini juga dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif antara pelaku bisnis dan pelanggan, bahkan jika berjauhan.

Baca juga: Cara Menggunakan ChatGPT untuk WhatsApp Marketing Anda

Tinggalkan Balasan

Blog at WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: