WhatsApp Business API membantu bisnis menengah dan besar guna meningkatkan kemampuan pesan WhatsApp mereka dan terhubung dengan pelanggan mereka di seluruh dunia. Dengan bantuan API, bisnis dapat menghubungkan sistem untuk mengirim pesan transaksional otomatis melalui WhatsApp.
Baca juga Kerugian Jika Tidak Menggunakan Whatsapp Business API
1. Apa Itu Whatsapp API?
Pada tahun 2018 silam WhatsApp mengeluarkan WhatsApp API sebagai layanan bertukar pesan digital dengan kemampuan yang lebih canggih dibanding pendahulunya, yakni WhatsApp Business.
WhatsApp Business API adalah platform yang memungkinkan perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan mereka menggunakan aplikasi WhatsApp. Ini membantu perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara efisien dan mengelola pesan masuk dan keluar dengan lebih baik. API (Application Programming Interface) adalah cara untuk perangkat lunak atau aplikasi untuk berkomunikasi dengan satu sama lain. Dengan menggunakan WhatsApp Business API, perusahaan dapat mengintegrasikan aplikasi WhatsApp ke sistem mereka sendiri dan mengelola pesan yang dikirim dan diterima melalui aplikasi.
Oleh sebab itu, WhatsApp API tidak bisa didapatkan melalui App Store maupun Play Store, melainkan harus melalui partner resmi WhatsApp di Indonesia, yakni Damcorp.
2. Apakah Perbedaan WhatsApp API dengan WhatsApp Business App?
- WhatsApp API
dapat menggunakan profil bisnis, centang hijau, template pesan, jumlah broadcast dan agen tidak terhingga, manajemen riwayat pelanggan, laporan kinerja, dan integral sistem pendukung seperti CRM message dan chatbot.
- WhatsApp Business App
apat menggunakan profil bisnis dan template pesan, maksimal broadcast 256 dan jumlah agen dua orang.
Tidak bisa dipungkiri bahwa walaupun WhatsApp Business memiliki beberapa kekurangan fitur seperti di atas, aplikasi gratis ini tetap menjadi pilihan yang tepat bagi beberapa bisnis. Oleh karena itu jika bisnis Anda berskala kecil atau masih tahap awal, tentunya penggunaan WhatsApp Business akan lebih cocok dengan kebutuhan bisnis Anda. Namun jika bisnis Anda sudah berskala medium hingga besar, maka WhatsApp Business API menjadi solusi yang paling tepat. Baca juga WhatsApp Business VS WhatsApp Business API

3. Apa Saja Fitur yang Ada dalamnya?
Berikut merupakan daftar fitur yang akan Anda dapatkan jika menggunakan WhatsApp API:
- Unlimited admin dan device
- Alokasi agen secara otomatis
- Pembagian role agen
- Mengirim pesan otomatis sesuai template message
- Broadcast pesan secara instan, sekalipun dalam jumlah banyak
- Kolaborasi chatbot dengan agen
- Auto-Reply diluar jam kerja
- Analis
4. Apakah Manfaat Whatsapp API Bagi Bisnis?
Penyediaan WhatsApp API tidak semata dilakukan tanpa adanya survey mendalam terkait kebutuhan bisnis. Dengan menggunakan WhatsApp API bisnis Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut:
- Memiliki dashboard terpusat yang dapat diintegrasikan juga dengan saluran komunikasi lain, seperti Instagram, LINE, Email, dan lain sebagainya.
- Melayani konsumen lebih leluasa karena tidak ada limitasi agen atau device sehingga dapat meningkatkan response time. Respon yang cepat juga dapat meningkatkan kemungkinan konsumen menjadi pelanggan yang loyal Membantu bisnis memberikan customer experience yang lebih baik karena agen dapat berfokus dengan pesan yang lebih kompleks, dan pesan FAQ dapat ditangani oleh chatbot
- Dapat mengirimkan berbagai jenis pesan seperti OTP, update pengiriman barang, notifikasi pembayaran, secara otomatis dan personal ke masing-masing konsumen. Hal ini membuat percakapan menjadi lebih interaktif dibanding sebelumnya.
- Dapat mengetahui laporan atau metriks penggunaan WhatsApp API dengan jelas dan akurat melalui fitur analitik. Berbagai metriks yang disediakan seperti total pesan masuk dan keluar, pesan yang sering ditanyakan, performa masing-masing agen, dan sebagainya.
- Dapat terintegrasi dengan berbagai sistem pendukung seperti CRM, Chatbot, dan Ticketing sehingga layani konsumen cukup di satu dashboard saja tanpa berpindah aplikasi.
5. Bagaimana Tutorial Membuat Akun Whatsapp API?
Di bawah ini merupakan tutorial untuk mendapatkan akun WhatsApp API:
- Lakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager
Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membuat akun WhatsApp API yaitu memiliki akun Facebook Business Manager yang sudah diverifikasi. Facebook Business Manager merupakan platform yang lengkap untuk mengatur segala tools dari Facebook yang bisnis Anda perlukan. Untuk melakukan verifikasi, tentunya Anda harus memiliki akun Facebook Business Manager terlebih dahulu. Jika Anda sudah memiliki akun Facebook Business Manager maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut: Kunjungi laman berikut: https://business.facebook.com/settings/security Klik tombol Mulai Verifikasi Pada tahap ini Anda akan diminta untuk memasukkan berbagai dokumen yang dibutuhkan Jika Anda sudah mengupload seluruh dokumen yang dibutuhkan maka proses verifikasi akan otomatis dimulai Perlu diketahui bahwa proses verifikasi akan berlangsung selama 3 hingga 7 hari kerja. Maka penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan secara berkala.
- Bermitra dengan Partner Resmi WhatsApp di Indonesia
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, WhatsApp API tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma. Sehingga bagi bisnis yang ingin menggunakan WhatsApp API, terlebih dahulu harus menghubungi partner resmi WhatsApp atau yang dikenal dengan WhatsApp Business Solution Provider (BSP).
Melalui partner WhatsApp, bisa dipastikan bahwa bisnis Anda akan mendapatkan akun WhatsApp API yang resmi dan legal. Damcorp merupakan partner resmi WhatsApp di Indonesia yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan WhatsApp API. Akun WhatsApp API yang disediakan oleh Damcorp sudah dipastikan akan memuat ke-10 fitur yang disebutkan di atas.
6. Bagaimana menerapkan FAQ pada Whatsapp Business API?
Menerapkan FAQ pada WhatsApp Business API tidaklah sulit. Terdapat fitur yang bisa membantu menerapkan FAQ pada WhatsApp Business API dengan mudah loh. Pada WhatsApp Business API terdapat fitur bernama Chatbot Auto Reply yang dapat membantu bisnis menerapkan FAQ dengan lebih mudah. Melalui Chatbot Auto Reply customer tidak perlu lagi menunggu jawaban dari customer service agent tetapi bisa langsung terjawab loh.
Menggunakan fitur Chatbot Auto Reply sendiri cukup mudah dan simple, dimana Anda hanya perlu memasukan seputar pertanyaan yang kemungkinan anda dapatkan dari customer beserta jawabannya. Dengan sistem itu, customer yang ingin mencari jawaban akan pertanyaan mereka akan mudah menemukan jawaban yang ada hanya cukup melalui chat saja loh.