Pada zaman yang serba digital seperti saat ini, penggunaan aplikasi pesan online seperti WhatsApp telah memberikan banyak manfaat. Selain memudahkan komunikasi, WhatsApp Business juga membuka peluang untuk meningkatkan penjualan bisnis melalui beragam fitur yang tersedia. Bagi anda yang ingin memahami lebih banyak tentang WhatsApp Business, berikut beberapa pertanyaan umum yang akan di jelaskan dalam artikel ini.
Pertanyaan Seputar WhatsApp Business
1. Apa Itu Platform WhatsApp Business?
Platform WhatsApp Business memungkinkan Anda untuk menampilkan produk dan layanan dalam etalase seluler, serta mengelompokkan item serupa dalam koleksi untuk menyederhanakan pengalaman berbelanja pelanggan.
2. Apa yang Membedakan antara platform WhatsApp Business dengan Messenger?
Platform WhatsApp Business memiliki API khusus untuk berkomunikasi dengan pelanggan di WhatsApp, sementara pesan di Platform Messenger tidak dapat mencapai pelanggan melalui nomor WhatsApp mereka.
3. Bagaimana Perbedaan Platform WhatsApp Business dengan Aplikasi WhatsApp Business?
Aplikasi WhatsApp Business umumnya dipakai oleh bisnis kecil untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Di sisi lain, Platform WhatsApp Business memungkinkan bisnis berukuran sedang dan besar untuk mengobrol dengan pelanggan dalam skala besar, dengan fitur kaya seperti pengiriman media dan tombol balas cepat. Biaya percakapan berlaku setelah 1.000 percakapan pertama per bulan.
4. Berapa Jumlah Biaya untuk Menggunakan Platform WhatsApp Business?
- Kami mengenakan biaya berdasarkan jumlah percakapan. Biaya akan dikenakan per sesi percakapan selama 24 jam, dengan tarif yang berbeda tergantung pada apakah percakapan tersebut dimulai oleh bisnis atau pengguna. Sesi percakapan dimulai ketika pesan pertama dikirim oleh bisnis atau saat balasan bisnis diberikan kepada pesan yang dimulai pengguna. Sesi percakapan akan berakhir setelah 24 jam sejak pengiriman pesan bisnis pertama dalam percakapan.
- Selama setiap bulan, 1.000 percakapan pertama akan bebas biaya, sehingga bisnis dapat memulai membangun pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan mereka. Ketika bisnis siap untuk meningkatkan jumlah percakapan melebihi 1.000 per bulan, maka biaya percakapan akan berlaku.
- Tidak ada biaya tambahan yang harus anda keluarkan untuk mengakses platform kami secara langsung. Namun, perlu anda ingat bahwa mitra mungkin mengenakan biaya tambahan berdasarkan layanan atau teknologi yang mereka sediakan.
5. Apa Saja Opsi Untuk Dukungan Teknis Menggunakan Platform WhatsApp Business?
Bagi semua bisnis dan pengembang yang langsung terhubung dengan platform kami, kami menyediakan portal Dukungan Langsung, tempat Anda dapat mengajukan pertanyaan. Jika Anda bermitra dengan pihak lain, mereka memiliki kemampuan untuk mengirimkan tiket dukungan atas nama Anda.
6. Apa Saja Opsi Penagihan untuk Platform WhatsApp Business?
Kami menawarkan beberapa opsi penagihan yang fleksibel. Jika Anda mengakses platform kami secara langsung, Anda dapat memilih untuk membayar dengan kartu kredit atau menggunakan Invoice Bulanan, yang kami rekomendasikan terutama untuk bisnis dengan perkiraan pengeluaran bulanan di atas $10.000 USD. Apabila Anda bekerjasama dengan salah satu Penyedia Solusi Bisnis kami, penagihan akan ditangani oleh mereka. Termasuk PPN, pajak barang dan jasa, serta jenis pajak lain yang berlaku yang akan tertulis dalam invoice Anda.
7. Kebijakan Apa yang Berlaku Pada Bisnis di Platform WhatsApp Business?
Penting bagi bisnis dan Penyedia Solusi Bisnis untuk memahami dan mematuhi Kebijakan WhatsApp Business dan Perdagangan demi menjaga kualitas dan keamanan percakapan. Kebijakan Bisnis mengatur penggunaan produk WhatsApp Business yang sesuai, serta menetapkan standar untuk memastikan pengalaman pengguna yang optimal. Sementara Kebijakan Perdagangan mengatur apakah bisnis diberi izin untuk menjual produk dan layanan dalam katalog, pesan, profil bisnis, dan template pesan.
Cara Menggunakan WhatsApp Business
Ingin memulai menggunakan WhatsApp Business untuk mendongkrak penjualan bisnismu? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini:.
- Mulailah dengan mengunduh aplikasi WhatsApp Business melalui Google Play Store atau App Store pada perangkat HP-mu.
- Setelah menginstal aplikasi, buka WhatsApp Business, lalu baca dan setujui ketentuan layanannya.
- Selanjutnya, daftarkan diri dengan menambahkan kode negara dan nomor HP dalam format internasional. Tekan “Selesai” atau “Lanjut dan Oke.”
- Tunggu kode verifikasi berupa enam angka yang akan dikirim melalui panggilan telepon atau SMS, lalu masukkan kode tersebut.
- Berikan izin kepada WhatsApp Business untuk mengakses kontak dan foto di HP-mu.
- Buat profil bisnismu dengan menambahkan nama bisnis, memilih kategori bisnis, dan mengunggah foto profil.
- Lengkapi informasi penting tentang bisnismu, seperti jam operasional, alamat, dan deskripsi bisnis, dengan menavigasi ke “Profil Bisnis.”
Itulah beberapa pertanyaan umum yang sering orang tanyakan mengenai WhatsApp Business dan cara menggunakannya. Dalam platform ini, pemilik bisnis kecil dapat berinteraksi dengan pelanggan secara efisien melalui fitur-fitur canggih, termasuk kemampuan untuk menyortir, mengotomasi, dan memberikan respons chat dengan cepat.
Baca juga: 5 Fitur Baru Pada WhatsApp Status yang Wajib Kamu Ketahui!