Bulan Ramadhan merupakan momentum yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Selama periode ini, mereka memfokuskan diri pada ibadah, berpuasa, dan melakukan kegiatan sosial yang membantu mempererat hubungan dengan keluarga, teman, dan orang di sekitar. Namun, tidak hanya itu, bulan Ramadhan juga terkenal sebagai musim belanja yang sibuk di mana para pelanggan mencari produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Pada tahun 2023, ada beberapa tren pelanggan yang dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka selama Ramadhan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai tren pelanggan yang akan meningkat selama Ramadhan 2023 dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Jadi, jangan sampai ketinggalan, yuk baca artikel ini sampai selesai!
Apakah Tren Ramadhan dari Tahun ke Tahun Berbeda?
Belanja online semakin menjadi populer selama bulan Ramadhan dalam dua tahun terakhir. Lantaran sebelumnya, masyarakat cenderung lebih membeli alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer selama Ramadhan karena pandemi.
Berdasarkan riset dari Inmobi, sebesar 68% responden meningkatkan anggaran belanja selama bulan Ramadhan dan Lebaran. Karena di momen ini banyak orang yang saling berbagi dan mengirimkan hadiah. Oleh karena itu, momen Ramadhan adalah waktu yang tepat bagi bisnis untuk memperluas penjualan.
Bahkan, menurut hasil survei YouGov, sebanyak 71% dari 1.500 responden di Indonesia cenderung mencari produk yang berbeda selama bulan Ramadhan dibandingkan di luar Ramadhan. Bahkan, 55% konsumen mulai merencanakan pembelian mereka setidaknya 10 hari sebelum Ramadan dimulai. Tak hanya itu, 79% konsumen dan pengamat sepakat bahwa merencanakan keuangan sebelum Ramadhan lebih penting dari sebelumnya. Dengan demikian, momen Ramadhan menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan bagi para pelaku industri di Indonesia.
Jenis Penggunaan Pesan di WhatsApp
Dalam penggunaannya, WhatsApp dapat memiliki banyak manfaat untuk berbagai keperluan, termasuk untuk kepentingan bisnis. Terdapat tiga jenis penggunaan pesan WhatsApp yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis, yaitu:
1. Obrolan Seputar Pemasaran
Melalui obrolan seputar pemasaran, bisnis dapat memanfaatkan fitur iklan pesan untuk mencapai ROI yang lebih tinggi. Selain itu, WhatsApp juga dapat berfungsi untuk membangun profil pelanggan dan memperkuat hubungan pelanggan melalui CRM.
2. Obrolan Seputar E-commerce
WhatsApp juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas e-commerce bisnis. Dalam hal ini, WhatsApp dapat anda gunakan untuk otomatisasi chat, manajemen pesanan, manajemen inventaris, pemenuhan logistik, pembayaran, dan pelaporan penjualan.
3. Obrolan Seputar Layanan
Bisnis juga dapat memanfaatkan WhatsApp untuk memberikan layanan pelanggan yang lebih baik melalui obrolan seputar layanan. Dalam hal ini, WhatsApp dapat digunakan untuk dukungan obrolan langsung, layanan pasca-pembelian, memperkuat loyalitas pelanggan, serta reengagement dengan pelanggan.
Tren Marketing Selama Ramadhan
Inilah tren pemasaran yang dapat anda gunakan untuk memperkuat kampanye marketing Ramadhan Anda.
1. Menggunakan WhatsApp Business API
WhatsApp Business API memungkinkan bisnis mengirim pesan massal dan personalisasi kepada pelanggan. Selain itu, juga tersedia fitur chatbot dan auto-reply yang dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan.
2. Menggunakan Gamifikasi
Untuk meningkatkan interaksi pelanggan dalam kampanye marketing Ramadhan, Anda dapat menggunakan gamifikasi sebagai teknik pemasaran yang mengubah aktivitas menjadi permainan. Dengan memberikan hadiah menarik seperti voucher atau diskon, membuat kuis atau teka-teki yang terkait dengan Ramadhan dapat memberikan keseruan dan memotivasi pelanggan untuk berpartisipasi dan memenangkan hadiah tersebut.
3. Menyelenggarakan Giveaway
Giveaway adalah strategi pemasaran efektif untuk menarik perhatian pelanggan. Kampanye marketing Ramadhan dapat memanfaatkan giveaway untuk memberikan hadiah menarik seperti paket sahur atau buka puasa. Pastikan giveaway yang anda selenggarakan berkaitan dengan tema Ramadhan dan memberikan manfaat kepada pelanggan.
Kelebihan WhatsApp Marketing
WhatsApp marketing merupakan pilihan yang tepat karena memberikan berbagai keuntungan yang memudahkan dalam menjalankan bisnis, antara lain:
1. Membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan
Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan WhatsApp marketing. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Karena komunikasi dapat anda lakukan dengan lancar dan efisien.
2. Mempermudah promosi produk
Selain itu, WhatsApp marketing juga mempermudah promosi produk karena telah terjalin hubungan baik dengan pelanggan. Dalam kampanye pemasaran, Anda dapat mengirim pesan yang personal dan menarik, seperti penawaran khusus atau informasi terbaru mengenai produk Anda.
3. Memberikan pelayanan yang lebih optimal
Tidak hanya itu, WhatsApp marketing juga memberikan pelayanan yang lebih optimal karena Anda dapat melayani banyak pelanggan dalam satu waktu. Hal ini dapat mempercepat respon terhadap pertanyaan pelanggan dan memperkuat interaksi dengan mereka.
Tips Marketing di Bulan Ramadhan
Adapun tips marketing yang tepat saat bulan puasa adalah sebagaimana berikut:
1. Menargetkan Audiens dengan tepat
Ini merupakan langkah awal untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat untuk memperluas jangkauan bisnis Anda. Dalam era digital seperti sekarang, ada banyak peluang untuk membangun pengalaman interaktif melalui percakapan di platform WhatsApp.
2. Pertimbangkan Pengalaman yang Interaktif
Untuk meningkatkan kualitas dan daya tarik pengalaman pengguna di WhatsApp, Anda dapat memanfaatkan semua fitur yang tersedia, seperti pencarian bisnis, personalisasi pesan, tombol, dan pesan produk. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini secara optimal, Anda dapat membangun pengalaman interaktif yang lebih menarik dan berkesan bagi audiens Anda.
3. Mulai planning sebelum Ramadhan
Ramadhan merupakan peluang yang sayang anda lewatkan untuk menargetkan audiens yang aktif di platform digital. Namun, penting untuk anda pahami bahwa percakapan terkait Ramadhan tentu tidak dimulai pada hari pertama Ramadhan. Akan tetapi, percakapan tersebut harus anda mulai setidaknya 1 bulan sebelum Ramadhan tiba.
Untuk menghadapi tren Ramadhan yang semakin meningkat, Omnichannel CRM dapat menjadi solusi bagi bisnis untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik serta meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan Omnichannel CRM, bisnis dapat meningkatkan kesadaran merek dan memperkuat loyalitas pelanggan.
Sehubungan dengan hal ini, Damcorp adalah solusi terbaik untuk mendapatkan fitur CRM Omnichannel. Jadi, jangan ragu untuk memilih Damcorp sebagai solusi bisnis Anda untuk mengoptimalkan interaksi pelanggan dan meningkatkan performa bisnis Anda selama Ramadhan.
Terlebih Damcorp telah dipercaya lebih dari 100+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis mereka. Selain itu, Damcorp juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan Anda. Dengan sertifikasi ini, Anda dapat merasa tenang dan yakin bahwa informasi Anda aman dan terlindungi.
Baca juga Damcorp Mendapatkan Sertifikasi ISO