WhatsApp Business API: Pengertian, Biaya, dan Fungsinya

Verified badge on WhatsApp Business API

Menurut data sebagaimana dilansir dalam Similar Web, WhatsApp menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi perpesanan paling populer di seluruh dunia. Fakta ini tidak luput dari perhatian para pebisnis yang cerdas, yang telah memanfaatkan WhatsApp sebagai saluran utama untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga termasuk di antara para pelaku bisnis yang bijak ini? Jika WhatsApp telah menjadi platform utama untuk bisnis Anda, di mana Anda melayani pelanggan dan menjalankan transaksi melalui aplikasi ini, maka inilah saatnya Anda mengenal lebih dekat tentang WhatsApp Business API. 

Solusi ini adalah jawaban yang tepat untuk memperkuat bisnis Anda! Dengan WhatsApp Business API, Anda akan diberikan akses ke beragam fitur yang akan memberikan dorongan besar bagi peningkatan penjualan dan kesuksesan bisnis Anda.

Apa itu WhatsApp Business API?

WhatsApp Business API adalah aplikasi yang memfasilitasi perusahaan dalam berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif dan efisien. Fitur ini dikhususkan untuk kepentingan bisnis dalam melayani pelanggan, bukan untuk penggunaan pribadi.

Dengan WhatsApp Business API, perusahaan dapat menggunakan API atau Application Programming Interface, yang merupakan serangkaian kode yang memungkinkan pengembangan aplikasi, sistem, atau fitur terintegrasi dengan WhatsApp.

Biasanya, bisnis dengan skala menengah ke atas memanfaatkan WhatsApp API untuk menjangkau pelanggan secara luas, bahkan hingga tingkat global.

Harga dan Ketentuan Biaya WhatsApp Business API

Menggunakan WhatsApp Business API memang memerlukan biaya tambahan, tetapi jangan khawatir! Hal ini sepadan dengan berbagai fitur canggih yang akan meningkatkan performa bisnis Anda secara signifikan.

Ada dua jenis biaya yang perlu anda perhatikan:

1. Biaya Berlangganan Sistem dari BSP WhatsApp

Biaya berlangganan ini bervariasi tergantung pada BSP WhatsApp yang Anda pilih dan paket layanan yang Anda butuhkan. Lebih baik untuk tidak tergoda oleh biaya yang murah, karena kualitas layanan support dan sistemnya mungkin tidak sebaik yang Anda harapkan. Sebagai gantinya, sebaiknya Anda mempertimbangkan review pelanggan dan seberapa baik layanan support vendor dalam menangani masalah dan memberikan solusi.

2. Biaya Penggunaan

Biaya ini berkaitan dengan jumlah percakapan yang Anda lakukan. Dan biaya ini terhitung berdasarkan kategori pesan dan jumlah pesan yang terkirim dan masuk oleh bisnis Anda. Meta, sebagai pemilik WhatsApp, menetapkan tarif berbeda untuk setiap jenis percakapan.

Berikut adalah tarif biaya untuk kategori template pesan terbaru, berdasarkan ketentuan Meta:

  • Utility Conversation: Rp300.00 per nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Authentication Conversation: Rp440.00 per nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Marketing Conversation: Rp600.00 per nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Service Conversation: Rp275.00 per nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

Perlu anda catat bahwa tarif ini dapat berbeda-beda di setiap negara, dan biaya akan bergantung pada jumlah penggunaan pesan perusahaan Anda. Dengan memahami kategori dan ketentuan biaya penggunaan per percakapan ini, Anda dapat mengelola dan mengontrol biaya terkait penggunaan WhatsApp Business API di perusahaan Anda.

Faktor yang Memengaruhi Harga WA Business API

Jika Anda sudah menggunakan WhatsApp Business API, penting bagi Anda untuk memahami cara kerjanya. Terlebih lagi, dengan adanya model penetapan harga baru, terdapat beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi pengeluaran bulanan Anda di WhatsApp Business API.

1. Faktor Negara

Biaya untuk setiap percakapan yang diinisiasi oleh bisnis atau pengguna akan bervariasi tergantung pada negara tempat bisnis Anda berada. Anda dapat merujuk pada tabel di atas untuk memeriksa harga yang berlaku di wilayah Anda.

2. Jendela Percakapan

Konsep jendela percakapan sangat penting untuk diketahui. Jendela percakapan adalah periode 24 jam setelah pelanggan terakhir kali mengirim pesan kepada Anda. Di dalam jendela ini, bisnis dapat membalas pesan tanpa batasan.

Namun, setelah melewati fase jendela percakapan, bisnis harus memulai percakapan yang diinisiasi bisnis dengan menggunakan pesan template.

3. Awal Mulai Percakapan

Untuk mendapatkan percakapan gratis, Anda dapat membuat iklan dengan fitur “click to chat” di WhatsApp dan tambahkan tombol CTA di Halaman Bisnis Facebook Anda.

Mulai 1 Maret 2023, ketika pelanggan mengirim pesan ke bisnis Anda melalui tombol CTA di iklan “click to chat” WhatsApp atau Halaman Bisnis Facebook, periode percakapan gratis menjadi lebih panjang dari 24 jam menjadi 72 jam.

Dengan perpanjangan ini, Anda dapat mengirim pesan dengan lebih bebas. Atau bahkan menggunakan pesan template untuk percakapan yang diinisiasi oleh bisnis selama jangka waktu 3 hari tanpa biaya tambahan. Hal ini memberikan fleksibilitas lebih dalam berkomunikasi dengan pelanggan Anda.

WhatsApp Business API dan Kegunaannya

WhatsApp Business API merupakan platform bisnis dalam aplikasi chat WhatsApp yang memberikan peluang kepada perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka secara lebih efisien. Dengan fokus pada membangun hubungan yang lebih baik, WhatsApp Business API memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan berbagai fitur menarik seperti centang hijau atau verified badge, kemampuan mengirim broadcast tanpa batasan, akses ke sejumlah pesan template, serta kesempatan untuk mengintegrasikan chatbot dan live chat.

Salah satu keunggulan WhatsApp Business API adalah kemampuannya untuk diakses oleh banyak orang melalui multi-login, yang memudahkan kolaborasi dan pelayanan tim yang lebih baik. Selain itu, platform ini dapat anda integrasikan dengan CRM dan e-commerce, memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan strategi penjualan dan layanan pelanggan.

Dengan beralih ke WA Business API, Anda akan merasakan peningkatan performa customer service dan potensi meningkatkan penjualan. Mulai beralih ke platform ini tidaklah sulit, Anda dapat bekerjasama dengan Mitra WhatsApp Business Solution Provider (BSP) seperti Damcorp yang akan membantu Anda mengoptimalkan penggunaan WhatsApp Business API untuk keberhasilan bisnis Anda.

Baca juga WhatsApp OTP: Pengertian, Kegunaan, dan Cara Memulainya

Tinggalkan Balasan

Blog at WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: