Saat ini, banyak para pebisnis yang memanfaatkan platform WhatsApp sebagai media untuk meningkatkan engagement dan layanan pelanggan. Sayangnya, beberapa pebisnis masih sering kewalahan dalam mengatur dan menelusuri seluruh chat yang terjadi pada WhatsApp lantaran banyaknya pesan yang masuk.
Lalu, bagaimana solusinya? Beberapa dari mereka ada yang mensiasati dengan mengintegrasikan antara WhatsApp dan software Customer Relationship Management atau lebih familiar dikenal dengan WhatsApp CRM.
WhatsApp CRM atau Customer Relationship Management adalah strategi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperbaiki interaksi dengan pelanggan. Dalam era digital seperti sekarang, WhatsApp menjadi salah satu media komunikasi yang efektif untuk melakukan hal ini. Mari dapatkan informasi selengkapnya berikut ini.

Pengertian WhatsApp CRM
Pengertian WhatsApp CRM adalah sebuah strategi bisnis yang memanfaatkan platform WhatsApp untuk memperbaiki interaksi dengan pelanggan. Konsep dasarnya adalah menggunakan WhatsApp untuk memudahkan pelanggan dalam berinteraksi dengan perusahaan, seperti memberikan informasi produk, memesan produk, atau bahkan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.
Komponen WhatsApp CRM terdiri dari manajemen pesan, manajemen kontak, dan manajemen grup. Manajemen pesan digunakan untuk mengatur pesan yang masuk dari pelanggan, manajemen kontak digunakan untuk mengelola daftar kontak pelanggan, dan manajemen grup digunakan untuk membentuk grup khusus yang berisi pelanggan.
Selain terintegrasi dengan CRM, dalam WhatsApp Business API juga masih memiliki fitur canggih yang lain untuk meningkatkan Customer Service. Fitur tersebut adalah hasil integrasi antara WhatsApp dengan aplikasi Sales and Customer Service, atau biasanya sering disebut sebagai software sales WhatsApp.
Manfaat WhatsApp CRM
Menggunakan WhatsApp CRM memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan
Dengan menggunakan WhatsApp sebagai media interaksi dengan pelanggan, perusahaan dapat memberikan layanan yang lebih baik. Pelanggan dapat dengan mudah mengajukan pertanyaan, memberikan masukan atau keluhan, dan perusahaan dapat merespon dengan cepat.
2. Mempercepat dan Mempermudah Proses Respon Pelanggan
WhatsApp CRM memungkinkan perusahaan untuk merespon pesan pelanggan dengan cepat. Hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperbaiki reputasi perusahaan.
3. Menjalin Hubungan yang Lebih Baik dengan Pelanggan
Melalui WhatsApp, perusahaan dapat menjalin hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Perusahaan dapat memberikan informasi produk terbaru, memberikan promo khusus, atau bahkan mengucapkan selamat ulang tahun.
4. Memperluas Jangkauan Bisnis
WhatsApp memiliki pengguna yang sangat banyak di seluruh dunia. Dengan menggunakan WhatsApp CRM, perusahaan dapat memperluas jangkauan bisnisnya ke seluruh dunia dan menjangkau pelanggan baru.
Keunggulan WhatsApp CRM
WhatsApp CRM memiliki beberapa keunggulan yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis, diantaranya:
1. Mudah Digunakan
WhatsApp merupakan aplikasi yang mudah digunakan dan familiar bagi pengguna smartphone. Penggunaan WhatsApp CRM tidak memerlukan penggunaan aplikasi khusus atau pelatihan khusus bagi pengguna.
2. Efisien dan Praktis
Dalam WhatsApp CRM, bisnis dapat memproses respon pelanggan lebih cepat dan efisien. Lantaran, dalam satu nomor dapat digunakan oleh banyak admin sekaligus. Ini pastinya dapat mempermudah perusahaan untuk mengatur chat yang masuk dan dapat melayani banyak pelanggan dalam satu waktu.
Sehingga, pelanggan pun tidak kebingungan lagi untuk menghubungi di banyak nomor atau mengantri lama untuk dilayani. Dan hal ini akan menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan dalam pelayanan pelanggan.
3. Transaksi Lebih Mudah dan Lebih Terjangkau
WhatsApp CRM dapat diakses dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pelayanan pelanggan konvensional seperti nomor telepon atau email. Disamping itu, proses pembayaran menjadi lebih mudah dengan adanya fitur pembayaran seperti transfer bank, OVO, Go-Pay, dan lainnya. Sehingga hal seperti ini memberikan customer experience yang lebih mengesankan.
4. Dapat Dikustomisasi
WhatsApp CRM dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Sehingga bisnis dapat mengatur pesan otomatis atau membuat pesan yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.
5. Memiliki Beragam Fitur Bermanfaat
Aplikasi WhatsApp CRM dilengkapi oleh berbagai macam fitur-fitur unggulan yang dapat mendukung perkembangan bisnis dan memberikan pengalaman yang berkesan kepada pelanggan. Seperti auto-reply, Chatbot, Profil Bisnis, Centang Hijau, multi-user, blast WhatsApp, laporan statistik, dan masih banyak lagi.
Setelah anda membaca penjelasan mengenai WhatsApp CRM diatas, apa anda tertarik menggunakan layanan ini? Ketika sudah memutuskan untuk menggunakannya, sebaiknya pilihlah penyedia layanan WhatsApp CRM yang terpercaya untuk mengoptimalkan operasional bisnis anda, misalnya seperti Damcorp.
CRM WhatsApp merupakan solusi terbaik untuk bisnis Anda. Sebab, integrasi WhatsApp membantu memberikan fast response terhadap seluruh pertanyaan pelanggan, memberikan notifikasi pesanan, dan menganalisis seluruh percakapan.
Damcorp merupakan one stop solution untuk bisnis Anda, mulai dari WhatsApp Business API hingga software CRM sales dan customer service. Damcorp telah dipercaya lebih dari 70+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis yang lebih baik.
Baca juga 6 Pertanyaan umum mengenai WhatsApp API