Penting bagi bisnis untuk memperhatikan cara membangun customer relation yang baik, termasuk memperbaiki cara komunikasi dengan pelanggan. WhatsApp dapat menjadi media yang efektif untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan kewajiban bagi setiap bisnis karena konsumen atau klien sangat penting bagi pertumbuhan bisnis.
Komunikasi yang baik dan pelayanan yang memuaskan dapat mengikat konsumen untuk melakukan pembelian berulang, sehingga penting bagi setiap pebisnis untuk selalu memperhatikan customer relation. Meskipun inovasi produk itu penting, tetapi membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan juga jauh lebih penting untuk kesuksesan bisnis anda. Yuk, ketahui penjelasan seputar customer relation dan beberapa tips untuk membangunnya.

Membangun Customer Relation dengan WhatsApp
WhatsApp Business API adalah sebuah alat atau tool yang sangat berguna untuk membangun hubungan yang baik antara bisnis dengan pelanggan. Keuntungan utamanya adalah kemampuannya untuk menjangkau pelanggan secara luas, serta mudah untuk diintegrasikan dengan aplikasi lain.
Jika Anda ingin membangun customer relation yang baik, menggunakan WhatsApp Business API bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, apa saja langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut? Simak penjelasan berikut.
1. Kirimkan pesan yang lebih personal
Anda dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan pelanggan melalui WhatsApp Business API yang memungkinkan pengiriman pesan yang dipersonalisasi dan menyesuaikan persona pelanggan. Dengan fitur template pesan yang ada, Anda dapat membuat berbagai jenis pesan dan menggunakan tone yang lebih personal untuk membuat pelanggan merasa nyaman berkomunikasi dan terhubung dengan Anda.
Semakin dekat dengan pelanggan, semakin mudah memahami keinginan mereka dan memberikan layanan tambahan seperti promo produk, ucapan ulang tahun, atau program loyalitas. Untuk menjaga hubungan dengan pelanggan, dibutuhkan waktu dan usaha yang terus-menerus.
2. Lakukan Blasting Survey dengan WhatsApp Blast
Membuka ruang untuk memberikan saran dan kritik kepada pelanggan merupakan cara untuk meningkatkan kualitas produk yang Anda jual. Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan menggunakan fitur WhatsApp blast untuk mengirimkan survey secara berkala.
Pastikan data pelanggan yang menerima survey sudah sesuai dan memberikan insentif, seperti diskon atau promosi, untuk meningkatkan partisipasi pelanggan dalam mengisi survey.
Outbound WhatsApp message atau pesan keluar, dapat digunakan untuk memberikan informasi penting terkait bisnis seperti perubahan jam kerja atau keterlambatan pengiriman secara massal.
Dengan WhatsApp Business API, Anda dapat mengirim pesan siaran ke semua kontak sekaligus tanpa khawatir terblokir. Minta saran dan kritik dari pelanggan secara rutin agar Anda dapat terus memperbaiki produk Anda dan meningkatkan kualitas layanan Anda.
3. Autoresponder dengan Integrasi Chatbot
Dengan WhatsApp Business API, Anda dapat selalu tersambung dengan pelanggan melalui respon otomatis atau dengan menggunakan integrasi chatbot. Respon otomatis dapat diaktifkan untuk merespon pesan masuk dari pelanggan, namun jika tidak, Anda bisa menggunakan chatbot WhatsApp.
Dengan chatbot, Anda dapat membuat template balasan untuk membalas pesan pelanggan, sehingga mereka dapat menerima respon dengan cepat. Chatbot juga dapat membantu pelanggan menyelesaikan masalah dengan cepat dan membantu membangun customer relation yang baik.
Selain itu, Anda dapat menggunakan chatbot sebagai autoresponder untuk meningkatkan layanan pelanggan. Dengan desain, edit, dan penyesuaian aliran percakapan tanpa perlu melakukan coding, WhatsApp bot sangat membantu untuk memaksimalkan layanan pelanggan.
4. Selalu Hadir untuk Pelanggan
Dengan WhatsApp Business API, Anda dapat memberikan kehadiran yang konsisten untuk pelanggan Anda. Hal ini tidak hanya sebatas memberikan respon, tetapi juga dapat berupa pengiriman pesan ucapan ulang tahun, permainan yang menyenangkan, atau cara lain untuk menunjukkan bahwa Anda selalu mengingat pelanggan.
Dalam hal ini, data pelanggan seperti tanggal lahir dan minat dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan pesan yang sesuai dengan keinginan mereka. Misalnya, Anda dapat mengirimkan pesan ucapan ulang tahun dan voucher khusus di hari ulang tahun mereka, atau meminta umpan balik atas pembelian yang telah mereka lakukan.
5. Integrasi dengan CRM
Dengan keunggulan WhatsApp Business API dalam integrasi dengan berbagai aplikasi, termasuk CRM, Anda dapat dengan mudah memantau aktivitas pelanggan secara real time melalui CRM.
Dengan integrasi CRM, Anda dapat merancang program kampanye pemasaran atau customer relation dengan lebih mudah. Selain itu, CRM juga memungkinkan Anda untuk memantau progres komunikasi dengan pelanggan terkait proses bisnis atau pembelian.
Fitur sales & customer service CRM juga dapat digunakan untuk menerima pesanan penjualan dan tiket layanan pelanggan serta terintegrasi dengan sistem lain. Hal ini memudahkan Anda dan tim untuk melacak transaksi pemesanan dan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan Anda.
6. Integrasi dengan Media Favorit Pelanggan
Sangat penting untuk memberikan layanan pelanggan melalui platform komunikasi yang disukai oleh pelanggan. WhatsApp Business API memungkinkan Anda untuk merespons pesan dari berbagai platform dengan mudah melalui integrasi. Dengan cara ini, tidak ada pesan pelanggan yang terlewatkan dan Anda dapat selalu hadir untuk memberikan layanan terbaik dan membangun hubungan pelanggan yang baik.
Apakah Anda sudah memahami keuntungan menggunakan WhatsApp Business API untuk membangun hubungan dengan pelanggan? Jika Anda tertarik untuk menggunakan WhatsApp Business API, Anda dapat menghubungi Damcorp sebagai penyedia layanan resmi WhatsApp Business API di Indonesia.
DamCorp akan membantu Anda dari proses konsultasi, instalasi, hingga layanan purna jual yang prima. Jangan ragu untuk menghubungi Damcorp sekarang juga untuk mendapatkan bantuan terbaik dalam membangun customer relation melalui WhatsApp Business API.