Strategi pemasaran menggunakan sosial media memang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Hal ini karena sosial media dipandang cukup efisien untuk melakukan strategi pemasaran, termasuk dalam hal WhatsApp Marketing.
Salah satu alasan mengapa harus melakukan pemasaran melalui WhatsApp yaitu banyaknya customer yang menggunakan aplikasi tersebut. Sehingga, para pebisnis harus lebih inovatif dalam menjalankan strategi Marketing untuk menjangkau customer mereka.
Selain itu, para pebisnis harus paham dan selalu menciptakan inovasi baru terkait strategi pemasaran khusus untuk WhatsApp. Aplikasi tersebut sengaja dirancang guna memberi kemudahan untuk para pebisnis agar lebih fokus dalam melayani pelanggannya. Yuk, cari tahu strategi seperti apa yang bisa anda lakukan dengan aplikasi WhatsApp Marketing untuk menyukseskan bisnismu. Nah, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Whatsapp Marketing?
WhatsApp Marketing merupakan sebuah tools pada aplikasi WhatsApp, yang mana dapat membantu urusan pemasaran bisnis yang anda miliki. Platform komunikasi ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan guna menyampaikan pesan yang berisi konten pemasaran. Konten seperti informasi mengenai produk, informasi mengenai promo, dan promosi yang berkaitan dengan customer loyalty program.
Kelebihan dari WhatsApp Marketing memiliki keuntungan tersendiri jika dibanding saat Anda memilih menggunakan digital ads. WhatsApp Marketing menawarkan personal experience yang lebih dalam lagi. Melalui WhatsApp marketing, Anda bisa memaksimalkan customer touch points dengan mudah.
Strategi Pemasaran Menggunakan Whatsapp Marketing
WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pilihan yang banyak memberikan keuntungan bagi para pebisnis dan pastinya membutuhkan strategi yang efektif dalam memasarkan produk kepada pelanggannya. Inilah beberapa cara efektif dan strategi dalam menggunakan WhatsApp Marketing untuk melakukan aktivitas bisnis.
1. Mengumpulkan Kontak Pelanggan
Hal penting dalam memasarkan produk melalui WhatsApp Marketing yaitu dengan mengumpulkan nomor kontak pelanggan. Karena hal tersebut bisa didapatkan melalui sosial media seperti Instagram, Twitter, atau Facebook.
2. Meminta Pelanggan Menyimpan Nomor Pebisnis
Apabila sudah memiliki nomor kontaknya, kini giliran pebisnis yang meminta agar nomornya disimpan. Selanjutnya, pebisnis dapat mengirim pesan broadcast atau bisa juga membuat grup jika calon pelanggan menyimpan nomornya.
3. Buat Persona Branding yang Menarik
Whatsapp adalah aplikasi messenger yang dipakai orang untuk menghubungi keluarga dan teman mereka. Strategi penting untuk menggunakan Whatsapp Marketing untuk bisnis Anda adalah mempromosikan bisnis Anda dengan menyesuaikan dan membuat persona branding yang menarik.
4. Tawarkan Konten yang Relevan kepada Pelanggan
Broadcast merupakan fitur untuk mengirimkan pesan ke banyak orang sekaligus. Di dalam pesan broadcast ini biasanya berupa informasi dan promosi suatu produk yang akan dijual. Mengirimkan broadcast ini perlu dilakukan secara rutin, tapi tidak harus setiap hari. Misalkan dapat dilakukan selama 3 kali dalam seminggu.
5. Berinteraksi Melalui Grup
Bergabung dalam suatu grup bisa menjadi langkah pertama pebisnis untuk melakukan promosi. Dan ada baiknya pula jika pebisnis mengenal anggota grup terlebih dahulu, agar tidak ada anggota grup yang merasa terganggu atau tidak nyaman. Untuk saling mengenal anggota grup memang memerlukan waktu, akan tetapi setelahnya pebisnis bisa mencoba untuk mempromosikan produk secara bertahap.
6. Responsif & Membalas Chat dengan Cepat
Menyediakan layanan pelanggan real-time adalah mungkin bisa menjadi unsur yang mahal bagi bisnis kecil dan UMKM. Tetapi dengan WhatsApp, Anda dan staf perusahaan dapat menjawab setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh pelanggan Anda.
7. Membuat Konten Promosi
Seorang pebisnis juga harus mengetahui dan paham bagaimana cara membuat promosi untuk menarik pelanggan. Promosi dapat dilakukan melalui WhatsApp story atau broadcast message kepada banyak customer .
Gunakan teknik copywriting yang menarik sehingga dapat mengundang rasa penasaran untuk meyakinkan pelanggan agar membeli produk tersebut.
8. Buat Grup Khusus Reseller
Jika ingin mendapatkan income yang bertambah, pebisnis perlu menerima reseller untuk menjualkan kembali produk yang sedang dipasarkan dan memberinya dengan harga khusus. Pebisnis juga dapat membuat grup khusus untuk para reseller dan kemudian memberinya edukasi dan trik agar lebih mahir dalam memasarkan produk-produk tersebut. Setelah reseller tersebut mahir, pebisnis juga perlu memberikan sebuah reward yang bertujuan agar mereka bisa meningkatkan potensi yang dimiliki.
Demikian informasi mengenai penjelasan dan beberapa cara efektif menggunakan WhatsApp Marketing untuk melakukan transaksi bisnis. Dan salah satu kunci dari marketing menggunakan WhatsApp adalah konsistensi, baik pada brand persona maupun pada para customer.
Baca juga Apa Itu WhatsApp API? Pengertian, Manfaat, dan Fitur